Advertisement

GKR Hemas Ajak Masyarakat Meramaikan Travex ATF 2023 di JEC

Abdul Hamied Razak
Kamis, 26 Januari 2023 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
GKR Hemas Ajak Masyarakat Meramaikan Travex ATF 2023 di JEC Gusti Kanjeng Ratu Hemas - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Salah satu agenda utama Asean Tourism Forum (ATF) 2-5 Februari 2023 adalah Travel Exchange (TRAVEX) atau trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia. Masyarakat diajak untuk ikut meramaikan even tersebut.

Istri Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gusti Kanjeng (GKR) Hemas mengajak masyarakat ASEAN berkunjung ke Jogja untuk menghadiri sekaligus meramaikan TRAVEX di ATF 2023. Forum ini memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional.

Advertisement

“Salah satu kebanggan Kota Jogja bukan saja destinasi pariwisata yang menjadi destinasi favorit wisatawan Nusantara dan mancanegara, tetapi juga keberagaman industri UMKM serta ekonomi kreatifnya," kata Hemas, Kamis (26/1/2023).

Pada TRAVEX di ATF 2023, katanya, selain produk UKM dan ekonomi kreatif dari DIY berbagai kekayaan ragam destinasi dan produk-produk UKM dan ekonomi kreatif dari berbagai penjuru Nusantara juga dipamerkan. "Semua ini pantas untuk ditampilkan di momen yang begitu berharga seperti saat ini. Kami ajak semua datang ke Jogja untuk meramaikan TRAVEX di Jogja Expo Center," katanya.

Hemas menjelaskan dalam Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif ini akan ditampilkan juga berbagai aktivitas promosi dan juga budaya di antaranya Batik Demo, dan Pembuatan Wayang dari Kulit dan Sukhet (rumput). Ada pula kegiatan Melukis Caping (Topi Tradisional Petani Indonesia), Melukis Tas Anyaman, Pembuatan Keramik dari Tanah Liat, Pameran kuliner Nusantara (Cooking Demo dan Food Tasting), serta pameran minuman dan makan tradisional yang eksotik dan lain-lain.

Kesempatan Emas

Sejumlah program di TRAVEX yang menjadi agenda penting bagi industri pariwisata dan masyarakat di antaranya adalah sesi Business to Consumers (B2C) atau penjualan langsung yang menggelar tiga agenda utama. Meliputi Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif.

Direktur Meeting, Incentive, Convention & Exhibition (MICE) Kemenparekraf, Iyung Masruroh mengatakan ketiga agenda utama tersebut terbuka untuk publik dan akan berlangsung dari tanggal 2-5 Februari 2023 di Bima Hall A, Jogja Expo Center (JEC). Kegiatan pameran rencananya akan dibuka secara resmi oleh Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nur Asia Sandiaga Uno bersama GKR Hemas.

"Pameran konsumen langsung ini membuka kesempatan bagi pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif untuk mempromosikan dan menjual produk-produk unggulan mereka ke konsumen baik dari Indonesia maupun ke peserta ATF dan TRAVEX yang datang lebih dari 30 negara. Ini adalah sebuah kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan," katanya.

Peserta Pameran Pariwisata Indonesia, kata Iyung, selain dari Pemerintah Daerah dan desa wisata juga berasal dari DMC, DMO, Industri perjalanan dan pariwisata, jaringan hotel lokal dan nasional, akomodasi, platform penjualan, maskapai penerbangan, asosiasi pariwisata, portal transportasi daring dan lainnya. 

BACA JUGA: NasDem Kunjungi Sekber Gerindra-PKB, Koalisi Pengusung Anies Baswedan Retak?

Kegiatan Pameran di JEC dibuka mulai pukul 10:00-20.00 WIB dan tidak dipungut biaya. Selain itu juga akan ada hadiah-hadiah menarik bagi pengunjung yang beruntung. "Pameran Pariwisata Indonesia di TRAVEX menjadi kesempatan emas bagi peserta/exhibitors terutama Pemerintah Daerah, industri pariwisata daerah untuk rebound atau meningkatkan kembali penjualan pascapandemi Covid-19," ujarnya.









Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement