Advertisement

Gunungkidul Mulai Panen Raya Padi

David Kurniawan
Kamis, 26 Januari 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Gunungkidul Mulai Panen Raya Padi Seorang petani di Dusun Gelaran 1, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, memanen padi hasil tanam di musim pertama, Rabu (25/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULGunungkidul mulai memasuki panen raya padi. Di musim panen pertama ini, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul menargetkan produktivitas padi mencapai 223.986,19 ton gabah kering giling.

Panen padi sudah mulai terlihat sejak satu pekan lalu. Contohnya di Dusun Gelaran 1, Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Para petani berbondong-bondong ke sawah untuk memanen tanaman padi yang sudah menguning. Salah seorang petani, Wasimo, mengatakan hasil panen di musim tanam pertama dapat berjalan dengan baik.

Advertisement

Meski mengaku belum menimbang hasil panen, ia melihat padi yang ditanam dapat tumbuh dengan subur. Setiap batangnya juga berisi sehingga dia yakin hasilnya akan baik.

BACA JUGA: Nyampah Sembarangan, 4 Warga Jogja Dijerat Pidana

“Ini masih dipetik dan hasilnya juga bagus,” katanya, Kamis (26/1/2023).

Menurut Wasimo, di awal-awal musim tanam sempat ada potensi serangan hama, tapi bisa dikendalikan dengan perawatan yang dilakukan secara rutin. Hal yang sama juga terlihat pada saat padi mulai berisi. Ada ancaman serangan dari hama burung pipit. Namun, petani sudah mengantisipasi dengan memasang jaring di atas padi.

“Ada juga yang memasang plastik warna warni untuk menakut-nakuti kawanan burung agar tidak mendekat. Kami bersyukur tahun ini masih bisa panen lagi,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi mengatakan pada musim tanam pertama sempat muncul serangan hama seperti tikus, walang sangit, hingga pengerek batang.

“Sudah ada serangan, tapi bisa dikendalikan sejak awal sehingga tidak semakin luas. Hasilnya pun sudah terlihat, padi dapat tumbuh dengan subur dan sekarang sudah mulai panen,” katanya.

BACA JUGA: Lagi-Lagi Karena Andalkan Google Map, Truk Terguling di Cinomati

Rismiyadi mengungkapkan di musim tanam sawah yang dipanen seluas  42.819 hektare. Diperkirakan rata-rata produksi mencapai 52,31 per hektare sehingga produktivitas gabah yang dihasilkan sebesar 223.986,19 ton.

“Mudah-mudahan target bisa terpenuhi,” katanya.

Dia memperkirakan panen raya hingga Maret mendatang. Di masa tanam keduam jumlah luasan tanaman padi akan berkurang. “Rata-rata merupakan sawah tadah hujan. Jadi di masa tanam kedua nanti lahan yang ditanam padi tidak sebanyak saat musim tanam pertama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement