Advertisement

Stok Golongan Darah O di Bantul Menumpuk, Begini Update Stok Darah di PMI se-DIY

Hadid Husaini
Jum'at, 10 Februari 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Stok Golongan Darah O di Bantul Menumpuk, Begini Update Stok Darah di PMI se-DIY Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul menyebut pada Februari, angka pendonor darah golongan O sangat tinggi. Hal tersebut membuat stok golongan darah tersebut dibagikan ke beberapa rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang lain.

Kepala Bagian (Kabag) Pelayanan Darah PMI Bantul, Sri Suwanti menyebut kondisi pendonor sangat sehat. “Banyak sekali, orangnya pada sehat-sehat,” kata Sri pada Jumat (10/2/2023).

Advertisement

PMI Bantul, kata dia, telah bekerja sama dengan 15 rumah sakit yang siap di koordinasikan jika membutuhkan darah. “Bantul donor darah cukup tinggi, kami juga terjun ke masyarakat di beberapa wilayah di bantul menggunakan Mobil Unit bagi masyarakat yang membutuhkan, bahkan kita juga suplai ke PMI Kota Jogja sehingga bisa kita penuhi Bantul dan Kota,” ujar dia.

BACA JUGA: Peringati HPN 2023, Jurnalis Bantul Gelar Donor Darah

Ada beberapa golongan darah yang menurut Sri Wahyuni sulit untuk didapatkan bagi masyarakat yang kebetulan memerlukan. Golongan darah dengan jenis AB menurutnya merupakan darah yang langka. Dirinya menyebut jika awal bulan 25 stok darah AB langsung habis karena banyak yang membutuhkan.

Sri menyebut saat ini PMI tengah berfokus mengantisipasi kekurangan stok darah saat Bulan Ramadhan. Menurut Sri masyarakat takut tidak kuat melanjutkan puasa karena darahnya didonorkan. 

Selain itu, anggapan bahwa donor dapat membatalkan puasa dari sebagian masyarakat. “Donor itu tidak membatalkan puasa, saya juga sudah pernah belajar, donor itu tidak membatalkan puasa yang penting niat kita,” kata Sri Suwanti.

Sri menegaskan bahwa donor bukan menjadi hal yang perlu ditakuti saat bulan Ramadhan. Dirinya menyebut bahwa donor darah yang dibutuhkan sudah masuk kategori obat yang tidak tergantikan.

Update stok darah PMI se-DIY./Istimewa PMI DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Afghanistan, 400 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement