Advertisement

Perikanan Tangkap Kulonprogo Menurun 21 Persen, Ini Penyebabnya

Catur Dwi Janati
Selasa, 21 Februari 2023 - 10:27 WIB
Sunartono
Perikanan Tangkap Kulonprogo Menurun 21 Persen, Ini Penyebabnya Foto ilustrasi nelayan menepikan perahu. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Produksi tangkapan laut Kulonprogo berusaha kembali digenjot Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo setelah mengalami penurunan 21%. Lomba produktivitas nelayan hingga magang nelayan, diharapkan mampu memantik produksi tangkapan ikan laut di Kulonprogo.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan, DKP Kulonprogo, Raden Wakhid Purwosubiyantara realisasi produksi perikanan tangkap laut pada 2022 mengalami penurunan. Pada 2022 realisasi produksi perikanan tangkap laut di Kulonprogo berkisar di 729 ton. Perolehan ini turun sekitar 21,02 persen dari tahun sebelumnya.

Advertisement

"Untuk perikanan [tangkap] laut kita turun. Dari 900 ton menjadi 700 ton. Kemudian yang tinggi malah di perairan umum, di sungai, selokan, mancing, jaring, menjala itu dan lain sebagainya," terangnya dikutip pada Senin (20/2/2023).

BACA JUGA : Dekat dengan Samudra, Hasil Perikanan Tangkap

Sektor Perairan Umum Daratan (PUD) yang menyumbang lebih dari 1.460 ton dari total 2.190 ton produksi perikanan tangkap Kulonprogo di 2022. Capaian itu naik 15,36 persen dari tahun sebelumnya. Diterangkan Wakhid, kenaikan produksi pada sektor PUD disebabkan banyaknya upaya tebar benih yang dilakukan pemerintah, swasta maupun perorangan. Dampaknya ikan di perairan darat berkembang biak secara pesat sehingga populasinya melonjak yang bermuara pada tingginya tangkapan ikan di PUD.

Di sisi lain, turunnya tangkapan ikan laut pada 2022 dijelaskan Wakhid terjadi lantaran cuaca buruk yang cukup panjang. Hal ini yang membuat produksi ikan tangkap laut merosot. Sementara kebanyakan nelayan Kulonprogo merupakan nelayan kecil dengan perahu motor tempel dengan jangkauan aktifitas melaut di kisaran 1-4 mil yang sangat tergantung akan cuaca. 

"Kan ada enam bulan libur bahasanya. Dihitung ada enam libur tidak melaut sehingga itu menurunkan jumlah tangkapan di laut. Kalau estimasi kita ya itu memang di mana-mana turun itu [tangkapan] laut, karena faktor ekstrem cuaca," tegasnya.

Agar tak terulang, sejumlah upaya peningkatan produksi tangkapan laut disiapkan 2023 ini. Salah satu aspeknya regenerasi nelayan dengan program magang. "Itu kita adakan magang nanti, magang nelayan di masing-masing Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kulonprogo," ujarnya.

Langkah lain yang diluncurkan untuk melejitkan semangat nelayan melaut diinisiasi melalui lomba produktivitas nelayan. Para nelayan akan berlomba menangkap ikan terbanyak dengan durasi waktu tertentu untuk mendapatkan hadiah. Ikannya dapat dijual, hadiah juga menanti para nelayan.

BACA JUGA : Kulonprogo Gelontorkan Rp771 Juta untuk Sarpras Perikanan

"Lomba produktivitas nelayan di Kulonprogo, nanti khusus Kulonprogo ada, di DIY juga ada. Di Maret ini kita adakan lomba tingkat DIY, kemudian untuk yang tingkat Kulonprogo itu di bulan Oktober bersama dengan Hari Jadi," terangnya.

Tak hanya menarik minat nelayan melaut, sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas nelayan disebutkan Wakhid bakal terus digelontorkan. Di antaranya bimtek tentang cuaca, sekolah lapang iklim, bimtek laminasi kapal, palingan penangkapan ikan dan sebagainya.

Dari aspek konsumsi, minat masyarakat terhadap konsumsi ikan di Kulonprogo dinilai masih tinggi. Sebelumnya Kepala DKP Kulonprogo, Trenggono Trimulyo menjelaskan jika tingkat konsumsi ikan masyarakat Kulonprogo pada 2022 berada di kisaran angka 28,28 kilogram per kapita per tahun. Torehan tersebut diterangkan Trenggono mengalami kenaikan dibanding tahun 2021.

Meski tergolong tinggi, upaya mendorong tingkat konsumsi ikan bakal terus dilakukan. Salah satunya melalui program Gemar Ikan. Pada program tersebut, para pelajar juga tak luput jadi sasaran. Sosialisasi program ini akan menyasar anak SD di sejumlah wilayah Kulonprogo. "Jadi kita datang ke sekolah-sekolah, kita sosialisasikan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement