Advertisement

Tol Jogja Solo Beroperasi Penuh Tahun Depan, Ini Tarifnya

Gigih Windar Pratama
Selasa, 28 Februari 2023 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo Beroperasi Penuh Tahun Depan, Ini Tarifnya Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). Tol Jogja Solo akan beroperasi penuh tahun depan dan tarifnya sudah ditentukan. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sebagian Tol Jogja Solo akan beroperasi penuh pada 2024 tahun depan. Tarif untuk melewwati jalan tol ini sudah ditentukan.

PT Jogjasolo Marga Makmur selaku kontraktor proyek ini telah menetapkan tarif Tol Jogja Solo yang membentang dari Kartasura sampai dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Tarif yang ditetapkan yakni sebesar Rp1.896 per kilometer dengan konsesi selama 40 tahun untuk tol yang membentang sepanjang 96,57 kilometer ini.

Advertisement

Rencana penerapan tarif ini diungkapkan Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur Suchandra Hutabara dalam paparan yang dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sri Mulyani dan Basuki meninjau lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Jogja Solo, Senin (27/2/2023).

“Jadi biaya investasi untuk pengerjaan Tol Jogjo Solo ini sebesar Rp27,49 triliun untuk kendaraan golongan satu, proyeksinya volumenya mencapai 22.481 kendaraan per hari saat dibuka tahun 2024. Dengan tarif tol sebesar Rp1.896 per kilometer dengan konsesi 40 tahun,” ucap Suchandra.

BACA JUGA: Daftar Jalan Tol dengan Nilai Pembebasan Lahan Termahal, Tol Jogja-Solo Fantastis!

Secara teknis, Tol Jogja Solo akan melalui sembilan simpang susun, 57 buah jembatan, 18 overpass, dan 11 underpass bridge dengan perkerasan kaku.

Tahap pengerjaan Tol Jogja dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama sepanjang 49,95 kilometer, tahap kedua sepanjang 38,57 kilometer, dan tahap ketiga sepanjang 8,75 kilometer.

Secara terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut tahap pertama dari pengerjaan Tol Jogja Solo bisa rampung pada akhir tahun 2023.

BACA JUGA: Sebagian Tol Jogja Solo Harus Kelar Tahun Ini meski Ada Penolakan Pembebasan Lahan

“Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi satu tahap 1.1 Solo Klaten panjangnya 22,3 kilometer. Seksi satu tahap 1.2 Klaten Purwomartani sepanjang 20,08 kilometer dan ini semuanya diharapkan tadi Desember tahun ini akan selesai. Rate of Return (ROR) pembangunan ini juga cukup tinggi mencapai enam persen, lebih besar dari Surat Berharga Negara (SBN)” kata Sri Mulyani.

Adapun Kepala Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi menyebut pembebasan lahan untuk tahap pertama Tol Jogja Solo sudah mencapai 94 persen. Adapun tahap kedua sudah mencapai 74 persen.

“Seksi I mulai dari Kartasura-Purwomartani pembebasan lahannya sudah mencapai 94 persen, sedangkan untuk seksi kedua mencapai 74 persen. Kendalanya praktis belum ada,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement