Advertisement

Puluhan UMKM Pangan di Bantul Kini Punya Izin RBA

Yosef Leon
Sabtu, 18 Maret 2023 - 12:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan UMKM Pangan di Bantul Kini Punya Izin RBA Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sedikitnya 30 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang olahan pangan pada Desa Prima mendapat pendampingan terkait dengan perizinan berusaha berbasis risiko. Desa Prima merupakan program pemberdayaan perempuan oleh Pemkab Bantul yang kini disebut Kelompok Ekonomi Produktif (KEP).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bantul, Annihayah menyampaikan pendampingan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait perizinan berusaha berbasis risiko. Selain itu, UMKM juga diharapkan mendapat banyak manfaat legalitas usaha.

Advertisement

"Perizinan Berbasis Risiko OSS - RBA ini ibarat SIM ketika akan berkendara. Jika perizinan berbasis risiko sudah dipegang oleh pelaku usaha, selanjutnya akan lebih mudah dalam mengembangkan usaha secara legal dan aman. Sebab, dengan perizinan berbasis risiko, mengurus perizinan lainnya juga lebih mudah," jelas Annihayah, Jumat (17/3/2023). 

BACA JUGA: Ribuan UMKM Padati YIA, Berharap Dilirik Pasar Mancanegara

Annihayah menambahkan, perizinan berusaha berbasis risiko selalu ditekankan karena didasarkan pada UU Cipta Kerja No. 11/2020 yang menekankan dampak signifikan bagi perbaikan iklim usaha dan berinvestasi di daerah dengan mengintegrasikan seluruh proses perizinan ke dalam sistem perizinan elektronik melalui sistem OSS - RBA.

Sementara ini, dipilihnya pelaku usaha mikro di bidang olahan pangan karena dominasi pelaku UMKM masih dipegang oleh usaha makanan dan minuman. Jumlah UMKM olahan pangan tergolong besar dan cukup berhasil dalam menyerap tenaga kerja. Sehingga, secara tidak langsung, UMKM olahan pangan juga berdampak pada angka pendapatan daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement