Advertisement

Jam Kerja ASN di Bantul Dipapras Selama Ramadan, Begini Pesan Bupati

Ujang Hasanudin
Kamis, 23 Maret 2023 - 07:07 WIB
Arief Junianto
Jam Kerja ASN di Bantul Dipapras Selama Ramadan, Begini Pesan Bupati Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Selama Ramadan, jam kerja aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bantul dipotong satu jam. Pengurangan jam kerja tersebut dimaksudkan untuk memberikan kelonggaran kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa.

Namun demikian, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta semua ASN untuk tetap bekerja dan tidak bermalas-malasan meski dalam kondisi puasa.

Advertisement

Pengurangan jam kerja selama Ramdan itu tertuang dalam Edaran Bupati Bantul No B/400.8.3/00022/ORG tentang Seruan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1444 H/2023 M.

Dalam edaran tersebut ada pengurangan jam kerja selama satu jam bagi yang menerapkan lima hari kerja maupun enam hari kerja. Jam kerja selama Ramadan tersebut berlaku tidak hanya bagi ASN di lingkungan Pemkab Bantul, tetapi bagi pemerintah kalurahan dan juga karyawan di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sementara bagi instansi yang menerapkan lima hari kerja, yakni Senin-Kamis jam kerja pukul 07.30 WIB-14.30 WIB, istirahat pukul 12.00 WIB-12.15 WIB. Sedangkan Jumat pukul 07.30 WIB-14.30 WIB, Istirahat pukul 11.30 - 13.00 WIB.

BACA JUGA: Siap-siap! PNS Golongan Ini Lebih Dulu Dipindah ke IKN

Adapun bagi instansi yang menerapkan enam hari kerja Senin-Kamis pukul 07.30 WIB-13.30 WIB, Jumat pukul 07.30 WIB-11.30 WIB, Sabtu pukul 07.30 WIB-12.00 WIB.

“Jumlah jam kerja efektif bagi instansi Pemerintah Pusat dan daerah yang melaksanakan lima atau enam hari kerja selama bulan Ramadan minimal 32,5 jam per minggu,” kata Halim, Selasa (21/3/2023).

Selain itu, selama Ramadan semua kegiatan olahraga pegawai setiap Jumat juga ditiadakan. Halim mengatakan pengurangan jam kerja untuk memberikan kesempatan bagi umat Islam mempersiapkan berbuka puasa bersama keluarga di rumah masing-masing.

Meski demikian, ia meminta semua ASN tidak bermalas-malasan dalam bekera dan memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti biasanya,” Walaupun di bulan suci Ramadan tidak ada alasan tidak bekerja sesuai target-target yang diberikan kepada mereka,” ucapnya.

Menurutnya, Ramadan justeru memberikan ujian sejauh mana kinerja seorang ASN terutama umat muslim. Karena tanggung jawab seorang muslim bukan hanya kepada Tuan namun juga kepada sesama manusia sehingga keduanya harus sama-sama dijalankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim MK Ragukan Keaslian Tanda Tangan Ketum PKN Anas Urbaningrum di Kasus Sengketa Pileg 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement