Advertisement

Pemudik Mau Lewat Jogja? Ini Strategi Hindari Kemacetan

Sunartono
Minggu, 26 Maret 2023 - 12:57 WIB
Sunartono
Pemudik Mau Lewat Jogja? Ini Strategi Hindari Kemacetan rnPetugas memaksa kendaraan yang diduga pemudik untuk putar balik di Posko Pemantauan di Prambanan, Sleman, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wilayah Jogja menjadi salah satu kota yang bakal dilewati pemudik pada Lebaran 2023 ini. Kemacetan dipastikan akan terjadi di wilayah Kota Jogja dan sekitarnya. Berikut ada sejumlah alternatif untuk menghindari kemacetan bagi para pemudik yang sekadar untuk lewat.

Pada umumnya pemudik dari arah barat yang melewati jalur nontol akan melewati kawasan Jalan Wates untuk kemudian melintas di Kota Jogja. Sebenarnya ada jalur alternatif yang dapat terhindar dari kemacetan dengan melewati jalur Daendels dimulai dari Temon, Kulonprogo sepanjang jalur selatan.

Advertisement

BACA JUGA : 213 Kapal Penyeberangan Disiapkan untuk Mudik Lebaran 2023

Jalur alternatif ini akan melewati Brosot, Srandakan, Bantul Kota. Jika ingin sedikit masuk ke Kota Jogja kemudian langsung mengambil ke jalur yang terhubung dengan ringroad selatan seperti Jalan Imogiri Barat atau Imogiri Timur.  Jalur-jalur ini relatif sepi karena hanya dilewati oleh para pemudik lokal. Dari Kawasan Ringroad barulah menuju ke Kawasan Ringroad Timur, Maguwoharjo selanjutnya keluar dari wilayah DIY melalui Prambanan.

Pemudik dari arah barat yang akan melewati DIY kemudian menuju ke Magelang, bisa melewati Kawasan Sentolo berbelok ke Utara menuju Jalan Gedongan, Sentolo, Jalan Moyudan-Sedayu hingga sampai di Simpang Empat Moyudan. Dilanjutnya terus ke utara melewati Jalan Godean-Tempal dan Seyegan-Tempel sampai ke Simpang Empat Tempel (Jalan Magelang). Jalur ini menjadi salah satu alternatif untuk menghindari kemacetan ketimbang masuk ke wilayah perkotaan.

Sedangkan pemudik dari arah timur yang masuk melewati Prambanan yang akan menuju ke barat (Kulonprogo-Purworejo) bisa melewati Jalan Piyungan-Prambanan kemudian menuju ke Jalan Jogja-Wonosari hingga ke Ringroad Timur Jalan Wonosari. Memasuki ringroad selatan terus sampai ke ringroad barat Pasar Gamping. Pemudian bisa saja dari Prambanan langsung ke barat hingga ke Jembatan Layang Janti (rongroad timur) namun ada beberapa titik kemacetan seperti Simpang Empat Maguwoharjo.

BACA JUGA : Cek Syarat Ikut Mudik Gratis 2023 Naik Kapal, Kuota 5.000 Orang

Adapun pemudik dari timur yang akan menuju Magelang bisa melewati langsung ke Jalan Cangkringan dengan berbelok dari Proliman Kalasan. Di Jalan Cangkringan ke utara hingga ke Jalan Pakem-Kalasan, Jalan Pakem-Turi, Jalan Turi hingga ke Simpang Empat Tempel. Sebagai catatan bahwa sejumlah rute alternatif itu sangat tergantung dengan kondisi lalu lintas di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement