Advertisement

Selamat! Belasan Prodi UIN Sunan Kalijaga Peroleh Akreditasi FIBAA

Catur Dwi Janati
Rabu, 29 Maret 2023 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Selamat! Belasan Prodi UIN Sunan Kalijaga Peroleh Akreditasi FIBAA Logo UIN Sunan Kalijaga Jogja. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Sebanyak 18 program studi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Dari jumlah tersebut 13 program studi di antaranya mendapatkan Quality Seal Awards tanpa syarat. Sementara lima program studi lainnya meraih predikat Premium Seal Awards.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin menuturkan bulan Maret ini merupakan akhir penantian keputusan dari FIBAA terhadap asesmen lapangan yang telah dilakukan bulan Oktober tahun lalu. Sebelumnya proses asesmen lapangan 18 Program Studi untuk dinilai kelayakannya telah dilakukan oleh tim Asesor FIBAA. Pada saat ekspose, disampaikan beberapa catatan penting yang harus dilakukan kampus sebagai perbaikan.

Advertisement

"Setelah asesmen lapangan, FIBAA mengevaluasi kelayakan 18 prodi yang keseluruhannya memakan waktu selama empat bulan untuk mendapatkan hasil akhir seperti yang kami terima saat ini," terangnya pada Rabu (29/3/2023).

BACA JUGA: Marak Begal Jogja Berkedok Leasing, Pengadilan: Penarikan Kendaraan Harus lewat Persidangan

Diterangkan Al Makin, melalui pengakuan akreditasi internasional ini dapat menjadi jalan UIN Sunan Kalijaga menuju World Class University, terutama dalam bidang Islamic Studies. Dalam Rencana Induk Pengembangan (RENIP), UIN Sunan Kalijaga diproyeksikan menjadi universitas berkelas internasional, terutama untuk program studi Islamic Studies.

"Namun ada beberapa program studi non Islamic Studies yang juga kami dorong agar ikut program internasionalisasi ini. Dan kami memulainya dari sini. Ini semacam rekognisi internasional buat kami," tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga, Muhammad Fakhri Husein menjelaskan bahwa UIN Sunan Kalijaga mengawali pencapaian prestasi pertama di Indonesia dalam perolehan akreditasi internasional dalam satu waktu sebanyak 18 Prodi oleh FIBAA. Dia menambahkan, UIN Sunan Kalijaga telah melakukan persiapan sampai dengan pelaksanaan asesmen lapangan ini sejak 1,5 tahun lalu.

Setelah asesmen lapangan, UIN Sunan Kalijaga melalui Lembaga Penjaminan Mutu menggelar workshop perbaikan kurikulum OBE dan instrument evaluasi pembelajaran yang melibatkan 18 program studi. Kegiatan yang dilaksanakan pada pertengahan Januari 2023 itu langsung dilaporkan kepada FIBAA. Pada akhirnya, tanggal 28 Maret 2023 FIBAA mengirimkan secara resmi hasil akreditasi 18 prodi.

Adapun Prodi UIN Sunan Kalijaga yang mendapat akreditasi internasional oleh FIBAA meliputi Prodi Studi Islam (S3), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Pendidikan Agama Islam (S1), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2), Manajemen Pendidikan Islam (S1), Ilmu Hadis (S1), Studi Agama-Agama (S1), Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (S1), Akidah dan Filsafat Islam (S1), Bimbingan dan Konseling Islam (S1), Pengembangan Masyarakat Islam (S1), Sosiologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Perbankan Syariah (S1) dan Manajemen Keuangan Syariah (S1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement