Advertisement

200.000 Sepeda Motor dan 200.000 Mobil Diprediksi Masuk Jogja saat Lebaran

Triyo Handoko
Senin, 03 April 2023 - 20:32 WIB
Budi Cahyana
200.000 Sepeda Motor dan 200.000 Mobil Diprediksi Masuk Jogja saat Lebaran Foto ilustrasi arus lalu lintas di Jalan Solo-Klaten. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 200.000 sepeda motor dan 200.000 mobil diprediksi akan masuk Jogja dan sekitarnya di DIY saat Lebaran nanti.

Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menyebut angka itu bukan hanya berasal dari pemudik, melainkan juga wisatawan yang berlibur saat Lebaran. 

Advertisement

Pintu masuk wisatawan lebaran ke Jogja, menurut Dishub DIY, paling banyak lewat Jalan Solo di sekitar Prambanan. Dari Prambanan tersebut, wisatawan akan lewat jalur Piyungan.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY Sumariyoto menyebut dari jalur Piyungan, wisatawan akan bergerak ke arah Gunungkidul dan Bantul. “Prediksi kami seperti itu, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga kami siapkan dua posko statis di jalur tersebut,” ujar dia, Minggu (2/4/2023).

Sumariyoto menyebut dua posko statis tersebut berada di Prambanan dan Patuk. “Dua wilayah tersebut cukup rawan, di Prambanan kemungkinan akan banyak tumpukan kendaraan masuk Jogja, lalu di Patuk karena jalurnya cukup terjal kemungkinan kendaraan juga memadati jalan,” katanya.

BACA JUGA: 262 Kilometer Jalan Nasional di DIY Disiapkan untuk Mudik, Dipastikan Nol Lubang

Dishub DIY memperkirakan arus lalu lintas selama H-7 hingga H+7 Lebaran lebih padat dan ramai dari Lebaran tiga tahun terakhir. “Sekarang lebih longgar dan cuti Lebaran juga diperpanjang, berbeda dari tahun sebelumnya. Artinya kami bersiap-siap ekstra dari tahun sebelumnya,” ujar dia, Minggu (2/4/2023).

Sumariyoto menyebut arus lalu lintas saat Lebaran di DIY ramai tidak hanya karena mudik, tetapi juga wisata. “Arus wisatawan diperkirakan juga akan meningkat,” katanya.

Arus lalu lintas wisatawan saat masa Lebaran diprediksi akan berpusat di sisi selatan DIY. “Bantul dan Gunungkidul ini yang akan paling ramai selama libur Lebaran karena wisatawan,” ujarnya.

Berbagai strategi untuk mengatur padatnya lalu lintas selama libur Lebaran, lanjut Sumariyanto, sedang dikoordinasikan dengan berbagai pihak. “Dishub DIY akan menerjunkan personel semaksimal mungkin dan membangun posko-posko. Sementara ini ada dua posko statis yang dipersiapkan,” kata dia.

Dua posko statis tersebut akan dipasang di Prambanan dan Patuk.

“Kami prediksi di Prambanan akan banyak kendaran masuk DIY lewat sana. Di Patuk juga akan banyak kendaraan karena medan jalan yang lumayan terjal. Untuk jaga-jaga kami bikin posko di sana karena berkaca dari tahun sebelumnya, banyak wisatawan masuk Gunungkidul saat libur Lebaran,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement