Advertisement

Bukan Yamaha N-Max, Honda Vario 125 Jadi Kendaraan Operasional Lurah di Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 05 April 2023 - 11:57 WIB
Jumali
Bukan Yamaha N-Max, Honda Vario 125 Jadi Kendaraan Operasional Lurah di Gunungkidul Sekda Bantul Helmi Jamharis (dua dari kiri) saat menyerahkan motor dinas kepada camat dan kepala OPD di depan kantor Bupati Bantul, Kompleks Parasamya. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jajaran lurah se-Gunungkidul bakal memiliki kendaraan dinas baru mulai tahun ini.

Meski demikan, para lurah ini harus mengubur mimpi untuk mengendarai Yamaha N-Max seperti di daerah lain karena pemkab hanya sanggup menyediakan Honda Vario 125 untuk operasional.

Advertisement

Ketua Paguyuban Lurah se-Gunungkidul Semar, Heri Yulianto mengatakan, pembahasan terkait dengan pengadaan kendaraan operasional lurah sudah dilaksanakan di 2022 lalu, saat menyusun APBD 2023. Adapun yang melatarbelakangi para lurah meminta kendaraan baru, karena motor operasional yang ada dinilai sudah usang karena diadakan di 2014 lalu.

“Sudah hampir sembilan tahun dipakai. Makanya minta kendaraan baru untuk peningkatan fasilitas dan mobilitas para lurah,” kata Heri saat dihubungi Rabu (5/4/2023).

Minta N-Max

Dia menjelaskan, di awal pembahasan, Paguyuban Semar meminta motor operasional jenis Yamaha N-Max, seperti di daerah lain. Namun demikian, Heri mengakui permintaan ini tidak bisa diakomodasi karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Gunungkidul.

“Pengennya N-Max, tapi tidak diakomodasi oleh pemkab. Hingga akhirnya disepakati kendaraan dinas baru Honda Vario 125. Untuk warnanya, kami ikuti saja dengan yang tersedia,” katanya.

Menurut dia, kendaraan jenis Honda Vario 125 sudah dalam proses pemesanan oleh Pemkab Gunungkidul. Selain sebagai pengganti kendaraan operasional, diharapkan motor yang lama tidak ditarik sehingga bisa menambah armada operasional di kalurahan.

“Dulu saat pengadaan Supra X 125 sebagai kendaraan baru, yang lama [Honda Kirana] tetap di kalurahan untuk membantu operasional. Mudah-mudahan yang sekarang juga sama,” imbuh Heri.

Lurah Bendung, Semin, Didik Rubiyanto sudah mendapatkan informasi terkait dengan pengadaan 144 unit Honda Vario 125 untuk kendaraan dinas lurah di Gunungkidul. Ia tidak menampik, para lurah agak kecewa dengan keputusan pemkab karena pengadaan tidak sesuai dengan harapan.

“Keputusan telah dibuat. Tentunya kami menerima dan akan menggunakan kendaraan operasional tersebut dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Hingga sekarang, Didik mengakui juga masih menunggu penyerahaan kendaraan dinas yang baru dari Pemkab Gunungkidul. “Sekarang masih memakai kendaraan operasional yang lama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement