Advertisement

Agar Tidak Macet, Warga Diminta Naik Trans Jogja saat Lebaran

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 10 April 2023 - 23:00 WIB
Maya Herawati
Agar Tidak Macet, Warga Diminta Naik Trans Jogja saat Lebaran Penumpang Trans Jogja turun di halte Jalan MT Haryono, Yogyakarta. - Harian Jogja/ Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama lebaran 2023 diperkirakan DIY akan dilintasi sekitar 5,9 juta orang, untuk mengurangi kemacetan Dinas Perhubungan [Dishub DIY] mengimbau masyarakat menggunakan Trans Jogja. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dishub DIY, Sumariyoto menyampaikan imbuan agar masyarakat menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan sudah sering disampaikan. 

Advertisement

“Saya mengimbau masyarakat untuk mengurangi kemacetan ya pakai angkutan umum. Masalahnya masyarakat nyaman dengan kendaraan pribadi,” katanya, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, penggunaan kendaraan pribadi tersebut akhirnya menyebabkan kemacetan. Untuk mengurangi kemacetan, dia menyampaikan sejumlah unit bus Trans Jogja beroperasi di sekitar Kota Jogja dapat menjadi pilihan masyarakat. 

Saat ini menurut Sumaryanto ada lebih dari 100 unit armada Trans Jogja yang melayani sejumlah rute di Kota Jogja, serta sebagian di Kabupaten Bantul.

Operasional Trans Jogja yang melintasi sisi selatan DIY pun menurut Sumaryanto sejalan dengan visi misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X untuk pengembangan sisi selatan DIY. 

Rute ke arah Bantul pun menurut Sumariyoto disambut baik penumpang, dengan armada yang beroperasi ada 10 unit dan rute perjalanan mencapai 6-7 kali.

“Bantul cukup bagus, sehari bisa 1500 orang untuk hari normal. Kalau libur bisa 2000 [orang penumpang] lebih,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement