Advertisement

Bakal Ada Sembako Murah di Sleman Mulai Besok, Merapat!

Catur Dwi Janati
Selasa, 11 April 2023 - 08:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bakal Ada Sembako Murah di Sleman Mulai Besok, Merapat! Ilustrasi sembako - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah bakal menyelenggarakan Pasar Lebaran Tahun 2023 dalam rangka menyongsong Hari Raya Idulfitri 1444H sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Sleman ke-107.

Mengusung tema Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman Untuk Nyawiji lan Murakabi, Sesarengan mBangun Sleman, Pasar Lebaran ini bakal digelar tiga hari pada 12-15 April 2023 nanti di Kompleks Utara Lapangan Pemkab Sleman.

Advertisement

Kepala Dinkop-UKM Kabupaten Sleman, R Haris Martapa menerangkan dalam Pasar Lebaran ini akan ada bazaar UMKM dan koperasi. Ratusan UMKM bakal meramaikan agenda pasar Lebaran ini.

"Peserta ada 115 peserta, kemungkinannya nanti akan tambah. Tapi sampai saat ini kurang lebih 115 UMKM dan koperasi yang nanti akan berpartisipasi untuk menjajakan produk-produknya temasuk produk jasa itu juga ada," terangnya pada Senin (10/4/2023) di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman.

Perihal jenisnya, nantinya akan ada 113 UMKM dan 2 Koperasi Koperasi Konsumen Wasilah Rizki Sejahtera dan Forkom Koperasi Mahasiswa Indonesia DIY yang memeriahkan Pasar Lebaran. Produk yang dipamerkan terdiri atas kuliner berupa makanan kering dan siap saji sebanyak 821 stan, fesyen 14 stan, flora lima stan, stan hampers, juga ada layanan konsultasi UMKM dan mitra.

Baca juga: Soimah Tak Cuma Berani Protes, Tapi Juga Pede Tanpa Make Up

"Kita memantau dari rekan-rekan UMKM yang sekarang ini jumlahnya kurang lebih sekitar 90.000 di seluruh Kabupaten Sleman ini mulai menggeliat. Terutama untuk komoditas-komoditas makanan, baik itu yang basah maupun kering, kemudian fesyen,"

Bahkan di lini fesyen, Haris menyebut ada sejumlah UMKM yang sampai kekurangan barang lantaran banyaknya pesanan. Selain itu cindera mata dan craft menjelang lebaran juga ikut ramai daya belinya. "Termasuk pembuatan sofa dan macam-macam itu juga ternyata meningkat," ujarnya .

Selain bazaar UMKM, dalam Pasar Lebaran nanti akan diselenggarakan juga penjualan sembako murah. Adapun komoditas sembako yang bakal dijual murah meliputi beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu, ayam utuh bersih dan produk olahan ayam.

Tidak hanya itu, di Pasar Lebaran nanti juga akan dilakukan pembagian sembako bagi KK miskin sebanyak 443 paket dengan nilai Rp100.000 per KK. Penerima bantuan sembako ini merupakan KK miskin di wilayah Padukuhan Drono, Jaban, Pangukan, Beran, Pisangan, Dukuh, Duwet dan Denggung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement