Advertisement

Dinkes Sleman Awasi Keamanan Pangan Jajan Takjil

Lugas Subarkah
Selasa, 11 April 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Dinkes Sleman Awasi Keamanan Pangan Jajan Takjil Petugas Dinkes Sleman mengambil sampel jajanan takjil di Beran, Kalurahan tridadi, Sleman, Selasa (11/4/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menguji sampel pada jajanan takjil di Tridadi, tepatnya di Pasar Sore Beran, Kalurahan Tridadi, Sleman, Selasa (11/4/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari pengawasan keamanan pangan selama Ramadan.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sleman, Tunggul Birowo menjelaskan pengambilan sampel ini dilakukan di sepanjang jalan eks PJKA, di mana terdapat sebanyak 52 penjual takjil yang mulai beroperasi pada sore hari.

Advertisement

Dengan pengujian ini, akan diketahui apakah ada kandungan berbahaya di dalam makanan. “Misalnya kalau di dalam bakso itu ada boraks, atau di mi ada boraks, berarti kan tidak memenuhi syarat. Atau di kolang-kaling pewarnanya tidak untuk makanan, dengan bahan rhodamine B,” ujarnya.

Adapun pengambilan sampel dari 52 pedagang takjil ini diambil sekitar 17-18 sampel untuk diuji. Pengambilan sampel juga mempertimbangkan makanan atau minuman yang dicurigai mengandung bahan berbahaya, misal jika secara visual yang warnanya menyala.

BACA JUGA: Banyak Bakul Dadakan selama Ramadan, Pemkab Gunungkidul Bakal Gencarkan Razia Makanan

Hasil pengujian sampel ini akan digunakan sebagai informasi untuk masyarakat apakah makanan itu aman atau tidak. “Kalau memenuhi syarat ya berarti aman ya, silakan. Tetapi kalau ada yang tidak memenuhi syarat akan kami lakukan pembinaan kepada yang bersangkutan,” katanya.

Dia mengimbau bagi para pembeli untuk waspada terhadap makanan atau minuman yang dibeli. Untuk anak-anak terkadang masih tertarik dengan warna yang tidak natural. Selain itu sisa rasa pahit setelah dicicipi juga menajdi indikasi kandungan bahan berbahaya.

Selain di lokasi tersebut, Dinas Kesehatan Sleman bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menguji sampel makanan di sejumlah lokasi lainnya, seperti di Klebengan, Indogrosir, Pasar Sleman dan lainnya.

Sub Koordinator Farmasi dan Kesehatan Makanan-Minuman Dinas kesehatan Sleman, Gunanto, mengatakan kandungan pengawet sebenarnya diperbolehkan, dengan batasan tertentu. “Tapi kalau yang diperiksa di sini yang tidak boleh ada dalam makanan,” kata dia.

Bahan yang dilarang dalam makanan memiliki indikasi bahaya yang jika dikonsumsi dalam jangka pendek tidak terasa, tetapi berdampak pada jangka panjang. “Akumulasi jangka panjangnya ketika terserap dalam tubuh banyak konsekuensinya seperti penyakit kanker dan lainnya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement