Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka, Kecepatan Kendaraan Maksimal 40 Kilometer Per Jam

Lugas Subarkah & Nimatul Faizah
Kamis, 13 April 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka, Kecepatan Kendaraan Maksimal 40 Kilometer Per Jam Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Masyarakat yang akan lewat jalan tol fungsional Jogja-Solo selama arus mudik dan balik perlu memperhatikan sejumlah aturan. Di antaranya kendaraan melintas di jalan tol ini kecepatannya diatur maksimal 40 kilometer per jam.

Pengaturan kecepataan tersebut sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan, mengingat fasilitas di tol fungsional belum sepenuhnya memadai. Sehingga para pengguna jalan harus tetap meningkatkan kewaspadaan.

Advertisement

Tol fungsional Jogja-Solo (Joglo) akan diuji coba terlebih dahulu sebelum dibuka resmi untuk arus mudik Lebaran pada Sabtu (15/4/2023) hingga Senin (1/5/2023). Kecepatan kendaraan maksimal 40 kilometer (km) per jam.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Dibuka Pekan Ini, Pengguna Diminta Pipis Dulu Sebelum Masuk

Pengendara yang akan melewati jalan tol fungsional diminta memperhatikan sejumlah hal karena jalan tersebut belum dilengkapi fasilitas lengkap.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama, mengatakan pemudik yang hendak menggunakan tol fungsional Joglo untuk memperhatikan beberapa hal seperti bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, ia juga meminta pengguna tol sudah buang air kecil dan membawa perbekalan yang cukup karena tidak ada rest area.

“Masyarakat yang mengemudi di sana juga tidak boleh kebut-kebutan, maksimal [kecepatan] 40 kilometer per jam untuk mencegah kecelakaan. Semisal terjadi kecelakaan, dengan kecepatan itu enggak terlalu bahaya,” kata dia, Selasa (11/4/2023) petang.

Pejabat Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat, memastikan ruas Tol Joglo di Seksi 1 sudah bisa digunakan pada Sabtu pekan ini. "Betul sudah dibuka. Sampai dengan Keteguhan, Sawit, Boyolali," ujarnya.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Dibuka Sepanjang 6 Kilometer, Rambu-rambu Baru Dipersiapkan

Ruas tersebut sudah siap digunakan. Kontraktor masih mempersiapkan kelengkapan rambu-rambu di sepanjang ruas tersebut. Secara umum, konstruksi Tol Joglo Seksi 1 telah mencapai 50%. "Tahap 1 sampai Prambanan, Klaten, prediksinya selesai 2024," ungkapnya.

Setelah Seksi 1 selesai, kontraktor akan melanjutkan pembangunan di Tol Joglo Seksi 3 dari Gamping sampai dengan Bandara Yogyakarta International Airport atau dikenal dengan Tol Jogja YIA, kemungkinan dimulai pada 2024.

Pada libur Lebaran tahun ini pengerjaan konstruksi terus dilanjutkan demi memenuhi target. "Lebaran masih terus berlanjut, tapi kita juga sebagian diarahkan di fungsional. Untuk Boyolali ke sana [barat] terus berlanjut," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement