Advertisement

PKL & Parkir Nuthuk saat Libur Lebaran Akan Disanksi Tegas

Triyo Handoko
Senin, 17 April 2023 - 18:37 WIB
Sunartono
PKL & Parkir Nuthuk saat Libur Lebaran Akan Disanksi Tegas Suasana Teras Malioboro 1, Jogja, Sabtu (19/2/2022) malam - Harian Jogja/Sirojul Khafid.\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja menegaskan tak mengizinkan pedagang kaki lima (PKL) dan juru parkir untuk menaikan harga atau nuthuk saat libur Lebaran nanti. Pengawasan ketat akan dilakukan Pemkot Jogja untuk mengantisipasi PKL dan parkir nuthuk di wilayahnya.

Pejabat Walikota Jogja Sumadi menegsakan tak akan mentoleransi PKL dan parkir yang memanfaatkan momen libur Lebaran untuk dapat omzet melimpah dengan nuthuk harga. “Akan kami sanksi tegas bila ketahuan, karena hanya mencoreng citra wisata Jogja saja dan merugikan semua orang,” katanya, Senin (17/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Terungkap, PKL Nuthuk Harga di Malioboro Ternyata Baru 

Sumadi menyebut sudah berkoordinasi dengan Polresta Jogja untuk membantu pengawasan PKL dan parkir nuthuk. “Saya ingatkan sebelum kejadian, jangan nuthuk harga karena itu tindakan merugikan semua pihak apalagi kalau sampai viral nanti citra wisata Jogja rusak wisatawan tak berkunjung yang rugi juga PKL dan parkir juga,” jelasnya.

Peringatan yang sama juga datang dari Forum Pemantau Independen (Forpi) Jogja pada PKL dan juru parkir. “Jangan sampai perilaku menaikkan tarif parkir dan kuliner melebihi batas kewajaran menjadi penyakit borok yang terjadi setiap tahunnya. Karena berpengalam pada tahun sebelumnya momen liburan seperti libur lebaran terjadinya pelanggaran nuthuk harga,” kata Anggota Forpi Jogja, Baharudin Kamba, Senin siang.

Sudah saatnya tidak ada toleransi, jelas Kamba, untuk aksi nuthuk harga. “Kanal-kanal aduan terkait tarif parkir harapannya ada respon cepat sebelum viral di media sosial,” ucapnya.

BACA JUGA : PKL Malioboro Nuthuk Harga, Forpi: Penyakit Tahunan

Kamba juga meminta pengawasan ketat Pemkot Jogja terhadap PKL dan juru parkir, terutama yang berada di Kawasan Malioboro. “Selain itu papan informasi baik berupa banner terkait tarif parkir harus lah dipasang di titik yang ramai pengunjung,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement