Advertisement

Konsumsi Air Bersih Saat Libur Lebaran Naik 15%, PDAM Sleman Siapkan Ini

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 April 2023 - 02:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Konsumsi Air Bersih Saat Libur Lebaran Naik 15%, PDAM Sleman Siapkan Ini Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman Dwi Nurwata

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tujuh hari masa Libur Lebaran 2023 dinilai menjadi libur lebaran paling lama tahun ini. PDAM Sleman pun menyiapkan pelayanan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pasalnya diperkirakan terjadi peningkatan konsumsi air bersih selama masa libur Lebaran.  

Advertisement

Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman Dwi Nurwata mengatakan selama masa libur Lebaran penggunaan air bersih akan mengalami lonjakan dibanding hari biasa. Lonjakan konsumsi air bersih itu, lanjut Dwi, berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya. "Untuk libur Lebaran yang cukup panjang ini kami memprediksi angka kenaikan pemakaian air mencapai 15 persen," katanya, Senin (17/4/2023).

BACA JUGA: PDAM Sleman Beri Program Pemasangan Sambungan Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Kondisi tersebut, katanya, tidak terlepas dari perkiraan jumlah pemudik dan wisatawan yang akan berkunjung ke DIY termasuk Sleman. Artinya, sebut Dwi, selain konsumsi oleh pelanggan rumah tangga, penggunaan air bersih untuk kalangan industri seperti perhotelan dan pariwisata juga diperkirakan meningkat. 

"Setelah PPKM dicabut dan kasus pandemi Covid-19 yang melandai kemungkinan okupansi hotel pun turut terdongkrak. Ini karena orang-orang banyak yang mudik atau berwisata ke Sleman sehingga penggunaan air akan melonjak," terangnya.

Sejatinya, kata Dwi, tren pemakaian air sudah mengalami peningkatan sejak awal Ramadan. Hal itu juga sudah diantisipasi sebelumnya oleh PDAM dengan terus mengamankan pasokan air bersih. "Nah, saat libur Lebaran nanti kami juga sudah antisipasi dengan sejumlah langkah. Salah satunya dengan menyiapkan cadangan sumber air. Sumber ini terdapat di beberapa titik," katanya. 

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah timur, PDAM menyiapkan cadangan di Kapanewon Depok sedangkan area barat dibackup menggunakan fasilitas SPAM Regional Bantar. "Pelanggan kami 42.700 SR sementara debit produksi (total) 4800 liter perdetik ditambah cadangan 40 liter per detik. Di atas kertas sebenarnya masih aman. Mudah-mudahan tidak ada forcemajuere (memaksa)," katanya.

BACA JUGA: Air PDAM Warga Sleman Terganggu? Ternyata Ini Penyebabnya

Selain menyiapkan cadangan air bersih, PDAM Sleman juga menerapkan kebijakan untuk menyiagakan seluruh SDM untuk pelayanan pengaduan pelanggan. Hal itu untuk merespon adanya gangguan aliran air yang kemungkinan muncul. Petugas, katanya, bisa langsung turun ke lapangan kapan pun jika terjadi gangguan.

"Kami siapkan mobil genset mengantisipasi listrik padam. Genset ditempatkan di kantor pusat dan area pelayanan wilayah timur. Selain itu kami menyiapkan mobil tangki untuk memasok air bersih jika ada gangguan. Tapi mudah-mudahan tidak dipakai," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement