Advertisement

Banyak Jip Wisata Kulonprogo Tak Layak Jalan, Begini Hasil Ramp Check Petugas

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 18 April 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Banyak Jip Wisata Kulonprogo Tak Layak Jalan, Begini Hasil Ramp Check Petugas Polres, Dispar, dan Dishub Kulonprogo lakukan ramp check jip wisata di sejumlah destinasi wisata di Kulonprogo pada Senin (17/4/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Beberapa jip wisata di sejumlah wilayah atau destinasi wisata di Kulonprogo dinilai kurang layak dan aman. Hal itu salah satunya adalah lantaran sabuk pengaman dibiarkan terbuka.

Unit Kamsel Satlantas Polres Kulonprogo, Ipda M. Tauchid mengatakan bahwa pihaknya menggelar ramp check jip wisata dalam rangka menyambut libur Lebaran 2023.

Advertisement

“Kami sudah laksanakan ramp check untuk jip wisata di Kebun Teh Nglinggo, PT. Junior Trans, Pasar Plono dan Omah Cantrik Nanggulan,” kata Tauchid dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Hasil dari pemeriksaan tersebut adalah terdapat beberapa kendaraan yang kurang layak untuk digunakan akibat tidak memenuhi persyaratan keselamatan jalan.

BACA JUGA: Disebut Banyak yang Tak Layak Jalan, Ini Tanggapan Pengelola Jip Wisata di Bantul

Rekomendasi yang diberikan penguji kendaraan di Pasar Plono dan Kebun Teh Nglinggo terkait dengan penggantian minyak rem dan wiper.

“Perlunya adanya penggantian ban kendaraan yang kondisinya sudah aus. Selain itu lampu kendaraan, alat keselamatan seperti sabuk pengaman dan roll bar untuk kendaraan masih terbuka. Karena itu perlu dipasang, sehingga dapat bermanfaat untuk mendukung keselamatan,” katanya.

Sementara hasil pengecekan kendaraan di Junior Trans dan wisata kuliner Rumah Cantrik adalah kendaraan penunjang pariwisata dalam kondisi baik.

Tauchid menegaskan bahwa ramp check tersebut dilaksanakan dalam rangka menyiapkan sarana dan prasarana angkutan wisata yang aman, nyaman, dan memenuhi standar keselamatan. Dengan begitu keselamatan para wisatawan terjamin.

“Kami menghimbau kepada pemilik armada yang akan digunakan untuk mendukung wisata, agar memastikan kembali kondisi kendaraan dalam keadaan layak, baik dan berkeselamatan. Sementara kepada para wisatawan jangan segan menegur sopir atau driver apabila dalam mengemudikan kendaraan ugal-ugalan” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement