Advertisement

Tol Jogja YIA Rampung 2025, Konsultasi Publik Lanjutan Digelar Pertengahan Mei 2023

Sunartono
Selasa, 02 Mei 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja YIA Rampung 2025, Konsultasi Publik Lanjutan Digelar Pertengahan Mei 2023 Kondisi terkini Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1.1 yang akan dibuka fungsional jelang mudik lebaran 2023, Kamis (13/4 - 2023)./JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim Persiapan Pengadaan Lahan untuk proyek tol Jogja YIA terus melakukan upaya percepatan konsultasi publik sebagai syarat untuk penerbitan izin penetapan lokasi (IPL). Proyek tol yang akan menghubungkan tiga bandara yaitu YIA, Adi Soemarmo dan Ahmad Yani ini terus mengalami perkembangan positif. Khusus untuk Jogja konstruksi akan dimulai 2023 dan rampung pada 2025 mendatang.

Tim Persiapan Pengadaan Lahan untuk proyek tol Jogja YIA telah menggelar konsultasi publik di wilayah terdampak Kulonprogo mulai 4 April 2023 lalu. Konsultasi publik di Kulonprogo belum dapat dijadwalkan secara keseluruhan, melainkan baru menyasar beberapa kalurahan. Terdiri atas Kalurahan Sentolo, Kalurahan Banguncipto, Kalurahan Kaliagung, Kalurahan Donomulyo dan Kalurahan Pengasih.

Advertisement

BACA JUGA : Catat! Ini Jadwal Konsultasi Publik Pembangunan Tol 

Sosialisasi tahap awal di Kulonprogo telah menyasar sebanyak 1.167 bidang lahan terdampak proyek tol Jogja YIA. Angka ini meningkat dibandingkan data awal yang sebelumnya pada empat desa ini terdata hanya 1.050 bidang lahan.

Tim Persiapan Pengadaan Lahan untuk proyek tol Jogja YIA saat ini sedang mempersiapkan konsultasi lanjutan terhadap beberapa kalurahan dan ditargetkan konsultasi publik tuntas pada Mei 20203 ini.

“Mulai tanggl 10 Mei sampai dengan 26 Mei [2023],” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno, Sabtu (29/4/2023) lalu.

Meski demikian Krido belum dapat memastikan kapan diterbitkannya izin penetapan lokasi (IPL). Saat ini tim terus melakukan percepatan untuk konsultasi publik. Sebagian besar konsultasi publik Jogja YIA yang sudah berjalan tidak ada kendala yang berarti. Dalam perkembangannya memang ada beberapa penambahan bidang karena hasil pencermatan.

BACA JUGA : Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja YIA di Kulonprogo

“Peningkatan atau penambahan lahan ini merupakan hasil pencermatan dan verifikasi untuk persiapan konsultasi publik. Hasil pelacakan lapangan terhadap area zoning gap [tanah mepet rel kereta api],” ujarnya.

Pembangunan konstruksi tol Jogja YIA ini masuk dalam jadwal tahap kedua yang dikelola oleh PT JMM. Pembangunan akan dimulai dari Juction Sleman yang berada sisi barat Ringraod Barat atau seputar Mlati, Sleman menuju ke Bandara YIA Kulonprogo sepanjang 38,574 kilometer. Tol ini masuk dalam ruas STA 58+000 samapia dnegan STA 96+574.

Berdasarkan jadwal tahapan pembebasan lahan ditargetkan rampung pada triwulan ketiga 2023. Kemudian dilanjutkan pembangunan konstruksi pada triwulan ketiga 2023 dan ditarget rampung di triwulan keempat 2025. Adapun pengoperasian tol Jogja YIA ditargetkan pada triwulan pertama 2026 mendatang. Pada Mei 2023 ini sedang proses penyelesaian untuk konsultasi publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komisaris HAM PBB Prihatin dengan Sikap Polisi AS yang Membubarkan Aksi Mahasiswa Pro Palestina

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement