Advertisement

Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023: Dulu Malaysia, Sekarang Kamboja

Sunartono
Jum'at, 05 Mei 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023: Dulu Malaysia, Sekarang Kamboja Gambar buku panduan SEA Games 2017 yang menerbitkan bendera Indonesia terbalik. - Twitter.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peristiwa bendera Indonesia terbalik kembali terjadi dalam perhelatan ajang olahraga dua tahunan Asia Tenggara SEA Games 2023. Sebelumnya peristiwa serupa juga pernah terjadi pada perhelatan SEA Games 2017 silam.

Momen bendera Indonesia terbalik terjadi pada pra upacara pembukaan SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023). Peristiwa itu terjadi saat penyanyi lokal menyajikan hiburan pra acara dengan penari yang masing-masing membawa bendera anggota SEA Games. Akan tetapi terpantau penari membawa bendera terbalik yaitu putih di atas dan merah di bawah.

Advertisement

BACA JUGA : Pembukaan SEA Games Kamboja, Semua Bendera

Video dan foto sejumlah bendera yang terbalik itu pun viral di media sosial. Warganet bahwa menyindirnya dengan istilah bendera Polandia yang merupakan negara dari bomber Barcelona, Robert Lewandowski.

“Keren juga opening SEA Games 2023. Sayang, kok bukan bendera Indonesia yg dikibarkan, melainkan bendera Polandia. Semoga skuad sepak bola Thailand dan Vietnam kalo pas lawan Indonesia ngerasa kayak menghadapi Lewandowski dkk deh,” tulis akun @iIhamzada.

Bendera Indonesia terbalik juga pernah terjadi saat SEA Games 2017 di Malaysia. Parahnya hal ini justru terjadi pada karya monumental berupa buku yang bagikan kepada para peserta. Pada cetakan buku di halaman tersebut menerbitkan negara Asean yang pernah menjadi tuan rumah SEA Game dengan paling atas yaitu Thailand, Malaysia dan Indoenesia.

Ketiga negara ini berada di paling atas dengan catatan tahun pelaksanaan, di mana Thailan tercatat enam kali, Malaysia lima kali dan Indonesia empat kali menjadi tuan rumah.

BACA JUGA : Viral Bendera Merah Putih Berkibar Terbalik di Kantor Dinas

Menjadi janggal karena bendera Indonesia pada cetakan buku di halaman tersebut terbalik dengan menampilkan putih di atas dan merah di bawah. Saat itu Menpora yang dijabat Imam Nahrowi juga menyampaikan protes atas kesalahan atau bendera terbalik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement