Advertisement

Besok Siang, Jalan Parangtritis Bantul Ditutup Total Karena Ada Karnaval, Ini Jalur Alternatifnya

Ujang Hasanudin
Selasa, 09 Mei 2023 - 10:27 WIB
Jumali
Besok Siang, Jalan Parangtritis Bantul Ditutup Total Karena Ada Karnaval, Ini Jalur Alternatifnya Pengalihan Arus - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul memastikan akan menutup sepanjang Jalan Parangtritis dari mulai simpang empat Druwo sampai simpang empat Manding pada Rabu (10/5/2023) siang pukul 13.00-17.00 WIB.

Penutupan tersebut karena akan ada pawai produk kerajinan dan budaya yang melibatkan ratusan orang dalam rangka Bantul Inclusive Carnival (BIC) 2023 dari kampus Institut Seni Indonesia (ISI) sampai Pasar Seni dan Wisata Gabusan (PSWG).

Advertisement

BACA JUGA: Dua Ruas Jalan Sudirman Bantul Bakal Ditutup

Sejumlah unsur yang terlibat dalam pawai tersebut di antaranya pelaku industri kreatif, asosiasi pengusaha mebel dan kerajinan, maahsiswa, unsur pemerintah, dan masyarakat.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan BIC akan digelar sepanjang Jalan Parangtritis dengan mengambil titik start dari Kampus ISI Yogyakarta dan berakhir di Pasar Seni dan Wisata Gabusan dan diikuti oleh kurang lebih 800 peserta.

“Karena dimulai dari depan Kampus ISI, jadi jalan yang ditutup adalah sepanjang Jalan Parangtritis mulai dari simpang empat Druwo hingga simpang empat Manding,” kata Jeffry, Selasa (9/5/2023).

Rencananya, penutupan akan dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

“Penutupan di simpang empat Druwo diberlakukan secara selektif prioritas dikarenakan adanya rumah sakit dan Puskesmas, namun untuk bus atau mobil besar tidak diperbolehkan masuk,” jelasnya.

Kemudian jalan menuju Jalan Parangtritis dari Jalan Bantul juga ditutup, di antaranya di simpang tiga Pasar Niten, simpang empat Kasongan dan simpang tiga Cepit. Kemudian jalan menuju ke Jalan Parangtritis dari Jalan Imogiri Barat sebagian juga ditutup di antaranya di simpang tiga utara Ngoto dan simpang empat Sudimoro.

“Dari Jalan Bantul menuju Jalan Parangtritis dapat melewati simpang empat Klodran atau simpang empat Gose. Kemudian dari Jalan Imogiri Barat menuju Jalan Parangtritis dapat melewati simpang empat Jetis” ujarnya.

Bagi para pengendara yang ingin melewati Jalan Parangtritis, dapat melewati jalur alternatif Jalan Bantul atau Jalan Imogiri Barat. “Untuk jalur yang menuju Jogja dari selatan ke utara dapat melalui simpang empat Manding bisa langsung ke barat melalui Jalan Bantul atau ke timur melalui Jalan Imogiri Barat,” ujarnya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mendukung adanya gelaran Bantul Inclusive Carnival tersebut. Bahkan ia mengajak masyarakat Bantul untuk menyukseskan hajatan Gelaran Bantul Inclusive Carnival. Karena melalui BIC, Bantul pada tahun 2023 akan mendaftarkan ke UNESCO untuk masuk ke jejaring kota kreatif dunia  atau UCCN.

Di seluruh Indonesia ada enam kabupaten/ kota yang menjadi pesaing menuju kota kreatif predikat itu salah satunya Kabupaten Bantul.  “Mari kita suskseskan gelaran Bantul Inclusive Carnival dan berharap Kabupaten Bantul dapat lolos dan dinobatkan sebagai kota kreatif dunia,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement