Advertisement

Sambut Tamu KTT ASEAN, PT Angkasa Pura I Siapkan 36 Parking Stand Pesawat, Ini Lokasinya

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 10 Mei 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Sambut Tamu KTT ASEAN, PT Angkasa Pura I Siapkan 36 Parking Stand Pesawat, Ini Lokasinya Ilustrasi bandara. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura (AP) I yang mengelola Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) dan sejumlah bandara internasional lain menyediakan 36 parking stand atau tempat parkir pesawat.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Rahadian D. Yogisworo mengatakan bahwa penyediaan parking stand tersebut dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023.

Advertisement

Dalam keterangan tertulis, Rahadian mengatakan bahwa dukungan tersebut menyangkut kesiapan bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi, infrastruktur bandara sebagai lokasi penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, juga dukungan personel di lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN, serta dukungan publikasi.

Untuk kebutuhan parking stand pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, kata dia, PT AP I telah menyiapkan 18 parking stand. 

Khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Lalu, untuk rencana kontingensi, AP I juga menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat apabila diperlukan yaitu Bandara Internasional Lombok dengan enam parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan empat parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan delapan parking stand.

Dengan begitu total ada 36 parking stand di empat bandara untuk melayani kebutuhan penempatan pesawat delegasi KTT ASEAN 2023.

BACA JUGA: Empat Bandara Disiapkan Buat Parkir Pesawat Tamu di KTT Asean

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan bahwa PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara guna melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT.

“Untuk bandara pendukung, PT AP I menyiapkan enam parking stand di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi enam pesawat narrow body, empat parking stand di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi dua pesawat narrow body dan dua pesawat small body, dan delapan parking stand di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan konfigurasi delapan pesawat narrow body,” kata Fahmi dalam keterangan tertulis.

Fahmi menambahkan bahwa untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, PT AP I telah menyiapkan gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

“Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal [GAT],” katanya.

Lebih jauh, Fahmi mengatakan bahwa PT AP I juga mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo sebagai dukungan operasional dan untuk membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT ASEAN 2023.

“Kami juga telah menayangkan konten publikasi di 192 titik media publikasi di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I untuk lebih meningkatkan awareness masyarakat umum dan pengguna jasa bandara mengenai penyelenggaraan KTT ASEAN," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement