Advertisement

Tujuh Kelompok Tani di Kulonprogo Menerima Bantuan Traktor Roda Dua

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 12 Mei 2023 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Tujuh Kelompok Tani di Kulonprogo Menerima Bantuan Traktor Roda Dua Petani di Dusun Nglaren, Kalurahan Potorono, Banguntapan saat menjajal combine harvest atau alat mesin panen padi yang diberikan oleh DKPP setempat belum lama ini. / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tujuh kelompok tani di Kabupaten Kulonprogo menerima bantuan traktor roda dua. Bantuan tersebut diberikan dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan terutama padi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Trenggono Trimulyo mengatakan bahwa traktor diperlukan untuk membantu pengolahan tanah, sehingga menjadi baik dan siap untuk ditanami.

Advertisement

BACA JUGA: Hadapi El-Nino, Petani di Sleman Dapat Bantuan Pompa Air dan Sumur

“Pengolahan tanah yang baik akan mendukung pertumbuhan tanaman yang baik dan dapat menghasilkan panen yang tinggi. Namun saat ini dengan semakin mahalnya biaya tenaga kerja olah tanah maka mekanisasi pertanian dalam pengolahan tanah perlu segera dilaksanakan agar dapat menekan biaya produksi petani dan mempercepat proses olah tanah sehingga dapat dilaksanakan tanam secara serempak,” kata Trenggono dihubungi, Jumat (12/5/2023).

Pengadaan traktor oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY tersebut melalui APBD DIY tahun anggaran 2023. Traktor roda dua yang diberikan memiliki merek Quick Impala dengan sasaran tujuh kelompok tani antara lain kelompok tani (KT) Akur II, Sidomulyo; Ginanjar Mulyo, Kanoman; Karya Tani, Tanjungharjo; Ngesti Tani, Kebonharjo; Subur, Kalibondol; Trijaya I, Dewolo; dan Tri Marsudi Tomo, Kebonharjo.

“Kami berharap dengan bantuan traktor roda dua ini dapat mendukung mekanisasi pertanian di Kulonprogo, sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman pangan terutama padi. Semoga juga  dapat menekan biaya produksi yang dikeluarkan petani yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Bantul Bagikan Enam Bantuan Alat Pertanian Sepanjang 2023

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan DPKP DIY, Andi Nawa Candra mengimbau agar traktor tersebut dapat dimanfaatkan bukan hanya oleh ketua kelompok tani namun juga semua anggota kelompok tani.

“Dengan begitu traktor tersebut dapat berkontribusi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas petani. Kepada kelompok tani kami harap dapat merawat bantuan traktor roda dua yang diberikan,” kata Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringatan May Day, Ini Kata-kata Ucapan Hari Buruh 2024 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

News
| Selasa, 30 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement