Advertisement

Jadi Sentra UMKM Premium, Eks Hotel Mutiara Mulai Direnovasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 21 Mei 2023 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jadi Sentra UMKM Premium, Eks Hotel Mutiara Mulai Direnovasi Eks Hotel Mutiara mulai dibangun Mei ini. (Dok. Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pembangunan fisik eks Hotel Mutiara yang diproyeksikan akan menjadi sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) premium mulai dilakukan oleh Pemda DIY. Bangunan tersebut rencananya akan beroperasi pada akhir tahun 2024. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyampaikan pembangunan fisik eks Hotel Mutiara sudah berlangsung sejak Mei ini. Pembangunan dengan anggaran Rp23 miliar tersebut menurut Siwi akan dilakukan dengan merehab gedung eks Hotel Mutiara, termasuk melakukan penataan interior gedung tersebut. Renovasi gedung ini diperkirakan selesai tahun depan. 

Advertisement

BACA JUGA: Perombakan Eks Hotel Mutiara I Jadi Sentra UMKM Premium Dilakukan April Tahun Depan

“Pastinya tahun ini belum selesai secara total. Kita membangun pertama sesuai dengan perencanaan. Kita siapkan dulu, kita bangun dulu dari sisi sarana prasarana, dalam sisi gedungnya. Di gedung nanti ada interior, itu di tahap berikutnya,” ucapnya, Minggu (21/5/2023). 

Siwi memproyeksikan gedung tersebut akan menjadi sentra pelaku UKM berbasis ekonomi kreatif (ekraf). Nantinya sejumlah UKM yang telah lolos kurasi akan dapat mempromosikan ide dan produknya di gedung tersebut.

Menurut Siwi pelaku UKM yang dapat menempati gedung tersebut harus terdaftar dalam SIbakul, kemudian juga harus memiliki manajemen keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kelembagaan yang baik.

BACA JUGA: DPRD DIY Desak Penggunaan Aset Mangkrak untuk Fasilitasi UMKM

Digadang-gadang sebagai sentra UKM Premium, Siwi menyampaikan gedung tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menunjang promosi produk UKM. Di antaranya, ruang display dan kreasi produk UKM, Ada pula ruang publik, ruang edukasi, dan ruang inkubasi bisnis yang mendukung perkembangan UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement