Advertisement

Cegah Kejahatan Jalanan, Polisi Mengintensifkan Patroli Malam Hari di Tongkrongan Anak Muda

Newswire
Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Cegah Kejahatan Jalanan, Polisi Mengintensifkan Patroli Malam Hari di Tongkrongan Anak Muda Polisi. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Mengantisipasi maraknya kejahatan, polisi di Kulonprogo mengintensifkan patroli malam hari, di tempat-tempat tongkrongan anak muda.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Rakhmat Darmawan di Kulonprogo, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk merupakan upaya pemutusan mata rantai aksi kejahatan jalanan.

Advertisement

"Pada saat pengecekan dan patroli, personel buru sergap [Buser] Satuan Reserse dan Kriminal [Satreskrim] Polres Kulonprogo memberikan imbauan dan pemahaman kepada anak-anak yang sering nongkrong, sehingga tidak mengarah kepada hal yang negatif," kata Rakhmat Darmawan, Jumat (26/5/2023).

Ia mengatakan patroli dan pengecekan ini juga bertujuan untuk mengingat kepada anak-anak yang nongkrong tidak melebihi batas jam belajar masyarakat.

Pada kesempatan ini, Satreskrim melakukan penggeledahan terhadap anak-anak nongkrong yang dikhawatirkan membawa senjata tajam dan alat-alat lain sebagai sarana tawuran antar-tongkrongan geng.

BACA JUGA: Pengendara Moge Luka Parah Usai Tabrak Truk di Jalan Srandakan

Adapun tempat tongkrongan yang sering menjadi tempat berkumpul, seperti Bendungan, Tugu Pensil Sentolo.

"Ada informasi dari masyarakat, anak-anak tersebut kerap kali nongkrong di sana untuk merencanakan sesuatu," katanya.

Penggeledahan

Petugas dari satreskrim Polres Kulonprogo pada saat berada di tongkrongan juga melakukan penggeledahan terhadap tas maupun jok sepeda motor namun tidak menemukan, barang-barang yang berpotensi menjadi pemicu tindak kejahatan, seperti senjata tajam dan minum keras.

"Tim buser langsung memberikan imbauan kepada para pemuda yang masih berstatus pelajar agar tidak keluar rumah terlalu malam," katanya.

Lebih lanjut, Rakhmat Darmawan mengatakan personel Buser yang menemukan anak-anak berkumpul di atas 21.00 WIB langsung dibubarkan dan diminta langsung pulang ke rumah.

"Hal ini untuk menghindari tindak kejahatan jalanan. Karena ada dua pilihan menjadi pelaku atau korban kejahatan," katanya. Menurut dia, kehadiran petugas polisi di tengah-tengah masyarakat melakukan patroli malam hari bertujuan sebagai tindakan preventif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement