Advertisement

Bantul Masuk Jejaring Kota Kreatif Dunia, Begini Kata Sandiaga Uno

Ujang Hasanudin
Minggu, 28 Mei 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Bantul Masuk Jejaring Kota Kreatif Dunia, Begini Kata Sandiaga Uno Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) membatik bersama di atas kain dalam acara workshop kabupaten dan kota kreatif di Pendopo Parasamya, Bantul, Minggu (28/5/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendukung Kabupaten Bantul masuk ke Jejaring Kota Kreatif Dunia atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) pada tahun ini.  

Hal ini dikatakan Sandi seusia Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Pendopo Parasamya Bantul, Minggu (28/5/2023). Dia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menguatkan posisi Bantul yang telah ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif 2022 oleh Kemenparekraf dan tengah berupaya masuk dalam UCCN.

Advertisement

“Tahun ini Bantul berpartisipasi dalam seleksi nasional penentuan UCCN. Kita doakan yang terbaik, karena pak bupati dan jajarannya, serta seluruh masyarakat pelaku ekonomi kreatif kompak mendukung penguatan ekosistem ini,” katanya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Segera Umumkan Partai Politik Tempatnya Berlabuh

Ia menilai Bantul sangat berpeluang untuk masuk UCCN karena semua pihak terlibat baik dari pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, pelaku ekonomi kreatif, hingga masyarakat kompak mendukung upaya tersebut. Bahkan bermunculan berbagai forum, di antaranya Bantul Creative Forum hingga Bantul Fashion Community.

Sandi juga menilai bahwa ekonomi kreatif Bantul dapat menciptakan peluang usaha dan terciptanya lapangan kerja. Hal itu sesuai dengan tujuan pengembangan ekonomi kreatif agar mampu menyerap 4,4 juta tenaga kerja secara nasional tahun ini.

“Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bantul ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi sekitarnya,”ujarnya.

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa Bantul sangat berpotensi untuk memperluas lapangan pekerjaan karena ekonomi kreatif di Bumi Projotamansari ini sudah menjadi budaya masyarakat, terbukti industri kreatif penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Kedua pertanian dan ketika pariwisata. “Ini menunjukan kreativitas jadi salah satu cara tepat masyarakat Bantul dalam mengatasi problem ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran,” katanya.

Melalui ekonomi kreatif tersebut telah membawa Bantul menjadi Kabupaten Kreatif Indonesia dalam sub sektor kriya. Kerajinan dan kesenian rakyat atau craft and fork art dipilih untuk diajukan sebagai kota kreatif dunia agar bisa menjadi ikon Bantul dalam bidang pengembangan ekonomi kreatif.

“Terima kasih Mas Menteri [Sandiaga Salahuddin Uno] yang telah menetapkan Bantul sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia dalam subs ektor kriya dan akan kita naikan levelnya ke dunia dalam versi Unesco,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement