Advertisement

Pendanaan Film Disbud DIY, 15 Peserta Presentasikan Gagasannya

Triyo Handoko
Senin, 29 Mei 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Pendanaan Film Disbud DIY, 15 Peserta Presentasikan Gagasannya Suasana pitching peserta kompetisi pendanaan film Disbud DIY, Senin (29/5/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kompetisi pendanaan film yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY diikuti oleh 60 proposal pembuatan film. Dari 60 proposal film tersebut, telah dipilih 15 proposal yang dipresentasikan dalam tahapan pitching, Senin (29/5/2023).

Dari 15 tim yang mempresentasikan rencana pembuatan filmnya, juri kuratorial pendanaan film akan memilih 10 peserta untuk mengikuti one on one meeting. Nantinya, Disbud DIY akan menentukan lima film yang akan didananinya dalam proses pembuatannya.

Advertisement

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Yuliana Eni Lestari Rahayu menjelaskan dewan juri curator yang akan menilai setiap proposal film yang mengikuti kompetisi.

“Tim kurator sendiri berasal dari kalangan sineas yang sudah teruji kapasitasnya, jadi harapannya film yang didanai nanti memiliki kualitas yang terus meningkat dari tahun sebelumnya,” katanya, Senin pagi.

Yuli menyebut 15 proposal film yang dipresentasikan dalam tahap pitching ini ada dua kategori, fiksi dan dokumenter. “Semuanya ikut seleksi dengan aturan yang sama, hasil dari tahapan pitching akan langsung diumumkan besok pagi pada Selasa (30/5/2023),” ujarnya.

BACA JUGA: The Little Mermaid" Rajai Box Office Amerika Utara selama Akhir Pekan

Kepala Seksi Seni Disbud DIY Aryanto Hendro menjelaskan pendanan film yang dilakukan Disbud DIY bagian dari usaha untuk terus menjaga ekosistem perfilman agar terus dapat berkembang.

“Jogja ini sudah jadi barometer film nasional, banyak sineas tumbuh di Jogja. Lewat program pendanaan film ini harapannya terus tumbuh sineas yang memiliki kualitas yang unggul,” jelasnya.

Hendro menyebut lewat pendanaan film, Disbud DIY juga ingin terus menghasilkan generasi filmmaker. “Salah Satu sasaran prioritas kami adalah filmmaker baru, agar mereka terus termotivasi untuk berkarya dengan segenap kekreatifitasannya untuk menghasilkan yang terbaik,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement