Advertisement

Angka Kasus TBC di Sleman Terus Meningkat, Waspadai Gejalanya

Catur Dwi Janati
Rabu, 31 Mei 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Angka Kasus TBC di Sleman Terus Meningkat, Waspadai Gejalanya Skrining TBC / Ilustrasi Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Angka kasus Tuberkulosis (TBC) di Sleman terus mengalami kenaikan. Warga diminta segera melapor ke Puskemas bila mengalami sejumlah gejala TBC.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama menjelaskan angka tuberkulosis di Sleman terus naik. Bahkan Cahaya menyebut jika Sleman menjadi wilayah penyumbang kasus terbesar tuberkulosis di DIY. "Untuk DIY memang penyumbang terbesar adalah dari Sleman," ujarnya pada Rabu (31/5/2023).

Advertisement

Dengan kondisi padat penduduk, pengendalian tuberkulosis di Sleman perlu dinilai Cahya harus ditanggulangi secara bersama. Cahya mencatat angka prevalensi temuan kasus tuberkulosis di Sleman sebesar 65/100.000 penduduk.

BACA JUGA: Libur Sekolah, Banyak yang Ingin ke Jogja, PHRI Targetkan Okupansi 100%

"Sleman karena memang padat penduduk, memang kita kasusnya naik terus. Sehingga ini memang kita perlu lakukan pemberdayaan bersama untuk Tuberkulosis ini supaya bisa dikendalikan," katanya.

Penyebab tingginya kasus TBC di Sleman diutarakan Cahya dapat berasal dari sejumlah faktor. Stigma masyarakat soal TBC menjadi salah satu aspek yang menjadi sorotan dalam pertimbangkan angka TBC di Sleman.

"Salah satunya stigma di masyarakat, mereka masih kurang memahami tentang bahaya dari tuberkulosis ini. Padahal kalau mereka tahu, tuberkulosis ini bisa dikendalikan," ungkapnya.

Sinergi antar organisasi perangkat daerah (OPD), komunitas maupun masyarakat untuk menanggulangi TBC sejatinya telah dilakukan. Bahkan upaya jemput bola untuk mendeteksi dan mendampingi pasien TBC pun juga sudah diimplementasikan. "Kita lakukan jemput bola. Jadi tidak zamannya lagi TBC itu harus datang ke Puskemas ke Rumah Sakit," ujarnya.

"Kami yang akan mendatangi ke masyarakat. Kami kerja sama dengan tenaga pendamping sosial Kalurahan yang tahu betul di wilayahnya, nanti mereka akan bergerak bersama kader mencari kontak TB tadi atau investigasi kontak yang terduga TBC tadi," katanya.

BACA JUGA: Menteri Nadiem Makarim Minta ASPD Dihapus karena Membebani Siswa, Ini yang Akan Dilakukan Disdikpora DIY

Bila ditemukan pasien TB, Dinkes Sleman dalam hal ini Puskemas akan mendatangi pasien atau jemput bola ke lokasi pasien. Tim akan memeriksa kondisi dan status terkini kesehatan pasien.

"Jadi ini kita balik. Kalau 2018 dulu sampai sekarang kita melalui passive case finding, itu hasilnya jelek. Jadi yang memeriksakan diri sedikit," jelasnya.

Kini skema active case finding yang justru digunakan dengan menerjunkan langsung tim ke lapangan. "Masalah kita utama adalah menghindari stigma. Masyarakat Harus melapor kalau ada gejala [TB]," ungkapnya.

Beberapa gejala TBC yang patut dicermati masyarakat ialah batuk lama, batuk disertai darah, penurunan berat badan dan keringat malam hari.

"Keringat malam hari, meskipun tidak panas tapi kalau dia berkeringat hati-hati. Ini laporkan saja. Satu dari gejala ini muncul, laporkan ke Puskemas. Nanti akan kita datangi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Terbaru 17 Bandara Internasional di Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement