Advertisement

Pesawat N-250 Gatotkaca Mahakarya BJ Habibie Dicuci

Yosef Leon
Kamis, 01 Juni 2023 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Pesawat N-250 Gatotkaca Mahakarya BJ Habibie Dicuci Sejumlah pekerja saat mencuci pesawat N-250 Gatotkaca salah satu koleksi pesawat di Muspusdirla Jogja, Kamis (1/6/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPesawat N-250 Gatotkaca koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Karangjambe, Banguntapan, dicuci pada Kamis (1/6/2023).

"Pesawat N-250 Gatotkaca merupakan mahakarya BJ. Habibie, saat menjabat sebagai Menristek. Pesawat yang pernah singgah di 40 negara ini, masuk Muspusdirla pada 2020 untuk menginspirasi generasi muda," kata Kepala Muspurdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho, Kamis.

Advertisement

Yuto Nugroho mengatakan museum memiliki penjadwalan secara rutin dalam merawat dan mencuci sejumlah koleksi museum. Untuk mencuci koleksi pesawat diutamakan pesawat-pesawat yang diletakkan di luar gedung

Gatokaca, jelas Kolonel Sus Yuto Nugroho merupakan nama salah satu pesawat koleksi Muspusdirla. Pesawat produksi Industri Pesawat Terbang Nusantara ini masuk ke Muspusdirla tahun 2020.

BACA JUGA: Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Disampaikan pula, pemberian nama N-250 Gatotkaca bukan tanpa alasan. Kode N memiliki arti Nusantara yang menunjukkan bahwa proses desain hingga produksinya dikerjakan di Indonesia. Sedangkan Gatotkaca, nama pemberian presiden RI ke-2 Soeharto.

"Angka 250 berati pesawat Gatotkaca memiliki 2 mesin dan 50 menunjukkan kapasitas pesawat dengan 50 penumpang," terang Kolonel Sus Yuto.

Muspusdirla memiliki koleksi pesawat 61 unit, penempatannya 40 berada di dalam gedung, 21 dipamerkan di luar gedung. N-250 Gatokaca, jelas Kolonel Sus Yuto Nugroho, merupakan nama salah satu pesawat koleksi Muspusdirla. Pesawat produksi Industri Pesawat Terbang Nusantara ini masuk ke Muspusdirla pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement