Advertisement

Wabup Sleman Apresiasi Pentas Karawitan Pemuda Lojajar

Abdul Hamied Razak
Minggu, 04 Juni 2023 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Wabup Sleman Apresiasi Pentas Karawitan Pemuda Lojajar Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat menghadiri pentas Karawitan Pemuda di Padukuhan Lojajar, Kalurahan Sinduharjo, Ngaglik, Minggu (4/6 - 2023). Dok.humassleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menilai pentas karawitan pemuda yang digelar di Padukuhan Lojajar, Kalurahan Sinduharjo, Ngaglik, sebagai bentuk pelestarian budaya dan tradisi di masyarakat.

Ia pun mengapresiasi pentas karawitan oleh para pemuda Lojajar tersebut karena dinilai baik untuk regenerasi dan melestarikan kebudayaan tradisional di masyarakat. "Terlebih di tengah kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat seperti saat ini, maka kebudayaan tradisional harus kita lestarikan. Dan ini saya senang karena pemain karawitannya juga masih muda-muda," ujarnya, Minggu (4/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Keren! Ratusan Anak TK Unjuk Kebolehan Marching Band di Gor Pangukan

Selain menyaksikan pentas tersebut, Danang juga meresmikan drainase yang dibangun oleh warga. Ia mengatakan pembangunan drainase ini merupakan tindak lanjut dari laporan warga setempat. Dengan adanya drainase baru tersebut diharapkan dapat membantu permasalahan masyarakat.

"Dulu saya dapat laporan di sini sering banjir kalau hujan, karena drainase tidak berfungsi dengan baik. Maka saya arahkan untuk membuat proposal, dan akhirnya bisa turun bantuan dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK)," jelasnya.

BACA JUGA: Wakil Bupati Sleman Berharap Kalurahan Terus Melestarikan Tradisi dan Nilai-nilai Budaya

Dukuh Lojajar, Drajat Giri Pawoko menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terdiri dari dua agenda, yakni pentas karawitan dan peresmian drainase. Dijelaskan bahwa pentas karawitan dibawakan oleh kelompok Karawitan Sekar Pareanom. "Pemainnya ada 12 orang, mereka pemuda pemudi Padukuhan Lojajar," kata Drajat.

Sedangkan untuk pembangunan drainase menurutnya sudah dimulai sejak awal tahun 2023, namun baru diresmikan sekarang. Pembangunan drainase dilakukan warga secara gotong royong dengan anggaran Rp190 juta dari Pemerintah Kabupaten Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement