Advertisement

PPDB SMA/SMK DIY, Disdikpora: Sekolah di Dekat Rumah, Kualitas Sama

Triyo Handoko
Kamis, 15 Juni 2023 - 21:57 WIB
Maya Herawati
PPDB SMA/SMK DIY, Disdikpora: Sekolah di Dekat Rumah, Kualitas Sama Sekolah, PPDB / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pendaftaran peserta didik baru atau PPDB tingkat SMA/SMK di DIY dalam proses pengambilan token pendaftaran online, Kamis (15/6/2023). Tahapan pemilihan SMA/SMK pada PPDB 2023 di DIY akan mulai dilakukan serentak pada Senin (19/6/2023) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardoyo mendorong para siswa untuk mendaftar ke sekolah terdekat rumahnya. “Agar lebih nyaman dalam pembelajaran dan mengantisipasi adanya sekolah yang kekurangan siswa. Sekarang sekolah di DIY itu kualitasnya sudah merata semua,” jelasnya, Kamis.

Advertisement

Disdikpora DIY sudah mempersiapkan PPDB ini dengan melakukan pembukaan pengunggahan dokumen-dokumen pendaftaran yang dilakukan siswa selama 5-8 Juni lalu. Sementara pembukaan proses pemilihan sekolah akan dilakukan serentak pada semua jalur yang disediakan, meliputi zonasi wilayah, afirmasi, perpindahan penduduk, dan prestasi.

Pemerataan kualitas pendidikan, jelas Didik, dibuktikan dengan banyaknya SMA/SMK yang mengikuti olimpiades sains. “Dulu itu sebelum PPDB zonasi, sekolah yang ikut olimpiades sains hanya itu-itu saja di DIY, sekitar 30an SMA/SMK. Sekarang kami menerima 100an proposal SMA/SMK untuk pendampingan olimpiades sains, artinya sekolah-sekolah di pinggiran ini sekarang sudah bersaing dan kualitasnya meningkat dibanding sebelumnya,” terangnya.

BACA JUGA: Sultan HB X Siapkan Apresiasi Khusus untuk Putri Ariani

Selain meningkatnya jumlah SMA./SMK yang mengikuti olimpiade sains, Didik juga membuktikan kualitas pendidikan sudah merata dengan banyaknya siswa lulusan sekolah pinggiran yang diterima di perguruan tinggi negeri. “PPDB zonasi ini sudah menghasilkan lulusan, seperti tahun ini banyak juga sudah yang diterima ke kapus-kapus negeri dari sekolah pinggiran, artinya sudah merata” tegasnya.

Meratanya layanan pendidikan di DIY tersebut, lanjut Didik, menggugurkan pandangan umum sekolah favorite karena hampir semua SMA/SMK kualitasnya sudah merata. “Untuk itu kami mendorong agar bersekolah di dekat rumah saja dengan mendaftar pada PPDB tahun ini,” ujarnya.

Namun, Didik juga mempersilakan jika ingin bersekolah di luar wilayah atau jauh dari rumahnya. “Ini juga kami persilahkan, kami fasilitasi dengan membuka PPDB jalur prestasi,” katanya.

Mengantisipasi adanya SMA/SMK yang tidak memenuhi kuota siswa saat PPDB nanti, Didik akan mengkoordinasikan dengan berbagai pihak. “Tindakan afirmasi untuk sekolah-sekolah pinggiran tentu akan kami lakukan, seiring waktu keterpenuhan kuota juga semakin baik. Bagi nanti siswa yang tidak diterima dalam PPDB, kami akan rekomendasikan ke sekolah yang kuotanya belum terpenuhi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement