Advertisement

Begini Cara Jitu Pemkab Gunungkidul Atasi Hama Ulat Bawang Merah

David Kurniawan
Kamis, 15 Juni 2023 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Jitu Pemkab Gunungkidul Atasi Hama Ulat Bawang Merah hama ulat yang menyerang tanaman bawang merah di Sentolo, Rabu (27/6 - 2018).Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul mulai bergerak memberantas hama ulat yang menyerang tanaman bawang merah. Hingga sekarang luas serangan sudah mencapai dua hektare.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, sudah mendapatkan laporan berkaitan dengan serangan ulat grayak terhadap budidaya bawang merah milik petani. Berdasarkan laporan yang masuk, akumulasi luas lahan yang diserang mencapai dua hektare.

Advertisement

“Ada serangan di Kapanewon Semanu dan Wonosari. Masing-masing luasannya mencapai satu hektare,” kata Raharjo kepada wartawan, Kamis (15/6/2023).

Dia menjelaskan, untuk mengatasi agar lahan yang diserang tidak semakin luas sudah menerjunkan tim Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (PPOT).

Baca juga: Jogoboro dan Satpol PP Jogja Diminta Tertibkan Pengamen di Malioboro

“Tim sudah mulai bergerak dengan melakukan pengamatan di beberapa lokasi yang terserang hama ulat,” katanya.

Untuk pengendalian, Raharjo mengaku sudah menyiapkan pestisida pengendali hama ulat pada bawang merah. Rencananya  pengendalian mulai dilakukan di wilayah Wonosari, Semin, dan Playen.

Adapun prosesnya dengan beberapa tahapan. Ulat akan dipancing keluar dengan semprotan larutan kuning telur dicampur air. Langkah ini dilakukan karena hama bersembunyi di bagian dalam daun.

“Kalau langsung pakai pestisida kurang efektif. Oleh karenanya, dipancing keluar dulu kemudian baru disemprot,” katanya.

Sejumlah petani di Gunungkidul resah dengan adanya serangan hama pada tanaman bawang merah yang dipelihara. Diharapkan serangan tidak menyebabkan terjadinya gagal panen.

Keluhan terhadap serangan hama, salah satunya disuarakan oleh petani bawang merah asal Dusun Blimbing, Kalurahan Karangrejek, Wonosari, Sumadi. Menurut dia, hama yang menyerang salah satunya ulat grayak.

Muncul Sore Hari

Hewan ini biasanya muncul pada saat sore hari dan memakan batang dari tanaman bawang merah. Sumadi mengakui sudah mencoba membasmi menggunakan obat, namun hasilnya kurang efektif karena ulat bersembunyi di dalam daun.

“Terpaksa kami membasmi dengan cara manual. Yakni, dengan mengambil menggunakan tangan agar tidak menyerang tanaman,” kata Sumadi.

Ia berharap serangan tidak semakin meluas agar petani bisa tetap panen. Sumadi berpendapat serangan hama tidak lepas pengaruh cuaca yang terjadi akhir-akhir ini.

“Harapannya agar tetap bisa panen dan petani mendapatkan hasil dari menanam bawang merah,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement