Advertisement

Kuota Jalur Difabel PPDB SMP Jogja Hampir Terpenuhi

Triyo Handoko
Senin, 19 Juni 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Kuota Jalur Difabel PPDB SMP Jogja Hampir Terpenuhi Suasana PPDB di SMPN 4 Jogja dimana terlihat orang tua mendaftarkan anaknya, Senin (19/6/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kuota pendaftaran peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SMP di Jogja untuk jalur difabel hampir terpenuhi. Pemenuhan jalur difabel tersebut tercatat terjadi di SMPN 15 Jogja dan SMPN 4 Jogja.

Di SMPN 15 Jogja, kuota jalur difabel sebanyak 18 siswa dan hasilnya terpenuhi semua, sedangkan di SMPN 4 Jogja disediakan sembilan bangku untuk difabel dan hasilnya terpenuhi delapan kursi.

Advertisement

“Untuk jalur difabel kuotanya 5 persen dari daya tampung, kami ada sembilan dan terpenuhi delapan. Sisanya satu bangku akan kami alihkan ke jalur zonasi mutu,” kata Kepala SMPN 4 Jogja, Suramanto pada Senin (19/6/2023).

BACA JUGA: PPDB SMA/SMK Jogja Zona Radius Dibuka, Sekolah Ini Survei Rumah Siswa

Suramanto menjelaskan kuota difabel memang hanya diperuntukan bagi penyandang difabel. “Sesuai ketentuan berlaku pada juknis memang untuk difabel dengan beberapa syarat, pendaftar siswa difabel kami semuanya lolos. SIsa satu kuota ini akan kami alihkan ke jalur zonasi mutu,” katanya.

PPDB jalur difabel sudah berakhir minggu lalu, jelas Suramantu, kini masuk jalur zonasi mutu dan kartu menuju sejahtera. “Selama ini PPDB tak ada kendala yang signifikan, kendala-kendala orang tua pendaftar dapat kami bantu selesaikan di sekolah misalnya kelengkapan data dan semacamnya jika ada yang tidak bisa kami bantu kami arahkan ke Disdikpora,” terangnya.

Tak ada kendala signifikan juga diamini Kepala SMPN 15 Jogja Siswanto. “Semua jalur terpenuhi dengan baik di kami, termasuk jalur disabilitas yang terpenuhi 100 persen sesuai kuota,” terangnya.

Siswanto menyebut jalur yang kurang diminati adalah kemaslahatan guru. “Memang kalau jalur kemaslahatan guru kebanyakan di SMPN 5 dan SMPN 8 Jogja yang diisi, bagi jalur yang masih sisa ini kami limpahkan ke jalur zonasi mutu. Pasti kouta total terpenuhi dengan baik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Alami 6 Kali Letusan Pagi Ini

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement