Advertisement

Iduladha 2023, Pemkot Jogja Sediakan 214 Petugas Pemantau Hewan Kurban

Triyo Handoko
Selasa, 20 Juni 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Iduladha 2023, Pemkot Jogja Sediakan 214 Petugas Pemantau Hewan Kurban Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Ar-Rahmah, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menyediakan petugas pemantau hewan kurban untuk memastikan kualitas ternak yang akan disembelih. Sebanyak 214 petugas disiapkan untuk memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban saat Iduladha 2023.

Para petugas pemantau hewan kurban mulai bertugas pada H-1 Iduladha. Mereka berasal dari berbagai unsur, yakni dari Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja, dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM, mahasiswa Fakultas Peternakan UGM dan sekolah vokasi kedokteran hewan serta dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia.

Advertisement

Kepala DPP Kota Jogja, Suyana menjelaskan para petugas akan berkeliling memantau berbagai tempat penyembelihan hewan kurban. “Kami menerjunkan 214 petugas ke seluruh tempat penyembelihan hewan kurban,” katanya, Selasa (20/6/2023).

BACA JUGA: Ini Daftar 10 Nilai Tertinggi UTBK SNBT 2023, Ada 2 untuk UGM

Suyana menyebut fungsi dari petugas pemantau ini untuk memastikan kesehatan hewan kurban. “Petugas akan memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan [SKKH] dari ternak yang dikurbankan, ini wajib untuk memastikan kualitas hewan benar-benar sehat dan layak konsumsi,” katanya.

DPP Kota Jogja, menurut Suyana, juga memetakan lokasi penyembelihan hewan kurban. “Kami sudah memiliki tempat penyembelihan hewan kurban. Sudah ada di peta kami, titik penyembelihan di mana saja sehingga petugas tinggal mendatangi. Setiap tahun kami melakukan seperti ini untuk mempermudah pemantauan,” ujarnya.

Kepala Bidang Pangan DPP Kota Jogja, Muhammad Imam Nurwahid menyampaikan jumlah lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Jogja sekitar 500 titik. Jumlah tersebut berdasarkan titik penyelenggaraan saat Iduladha 2022. “Pemantauan petugas di tempat penyembelihan meliputi pemantauan sebelum hewan kurban disembelih atau antemortem dan sesudah disembelih atau postmortem,” katanya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bea Cukai Banyak Masalah, Presiden Jokowi Akan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement