Advertisement

Catat! Peh Cun Digelar di Pantai Parangtritis Mulai Besok

Yosef Leon
Selasa, 20 Juni 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Catat! Peh Cun Digelar di Pantai Parangtritis Mulai Besok Kelompok kesenian barongsai Naga Selatan dari Yogyakarta mengikuti Festival Barongsai Yogyakarta pada puncak acara Peh Cun beberapa waktu lalu di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jogja Chinese Art and Culture Center bersama Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul akan menggelar perayaan Peh Cun atau Duan Yu Festival 2023 di Pantai Parangtritis pada 21-21 Juni.

Perayaan itu sengaja digelar di objek wisata pantai dengan konsep yang sederhana, mengingat saat ini masih dalam kondisi pemulihan dari pandemi Covid-19 sekaligus mengembangkan wisata religi. 

Advertisement

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan tahun ini merupakan kali kedua perayaan Peh Cun diselenggarakan di Pantai Parangtritis setelah Covid-19.

Tahun lalu penyelenggaraan yang sama juga digelar di pantai itu dan sukses menyedot animo masyarakat luas. Sejumlah acara khas nantinya akan kembali disuguhi kepada pengunjung dalam perayaan tahun ini. 

"Sama seperti tahun lalu, selama dua hari perayaan Peh Cun akan dimeriahkan dengan perayaan seni dan budaya Tionghoa," jelasnya Selasa (20/6/2023). 

BACA JUGA: Peh Cun 2022 Kembali Semarak

Pada Rabu (21/6/2023) acara akan dimulai sejak sore hari dan berakhir tengah malam. Adapun sejumlah acara yang akan mengisi hari pertama yakni di antaranya penampilan Naga Barongsai, Wushu, Barongsai Cilik, doa bersama dan diakhiri dengan pembakaran liong tradisional dan pelarungan sesaji dan abu liong.

Keesokan harinya akan ada acara mendirikan telur dan pelarungan sesaji yang dimulai sejak siang sampai sore hari. 

Markus menyebut, pihaknya selalu mendukung perayaan tahunan yang merupakan salah satu daya tarik wisata religi di DIY yang sudah digelar sejak 1950-an ini.

"Kami harap perayaan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya mancanegara dengan adanya perayaan atau atraksi khas yang tentunya membuat pengunjung tertarik.".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional, Bisa Buat Caption Instagram

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement