Advertisement

Animo Pendaftar PPDB SMA/SMK Jogja Tinggi, Kurang dari 24 Jam Kuota Dua Sekolah Ini Full

Triyo Handoko
Kamis, 22 Juni 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Animo Pendaftar PPDB SMA/SMK Jogja Tinggi, Kurang dari 24 Jam Kuota Dua Sekolah Ini Full PPDB Online - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Animo masyarakat Jogja mengikuti PPDB SMA/SMK sangat tinggi. Tercatat di SMKN 2 Jogja dan SMAN 8 Jogja kuota PPDB 2023 sudah terpenuhi dalam hitungan kurang dari 24 jam.

SMKN 2 Jogja menyediakan kuota PPDB sebanyak 828 orang, sedangkan SMAN 8 Jogja ada 288 kuota. Semuanya sudah terpenuhi di hari pertama PPDB serentak pada Rabu (21/6/2023).

Advertisement

PPDB serentak tersebut disediakan empat jalur, yaitu zonasi wilayah, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Per Kamis (22/6/2023), seleksi untuk masuk di dua sekolah tersebut masih berjalan.

“Seleksinya masih ketat, perjam ada yang tergantikan jadi orang tua harus turut memantau juga,” kata Ketua Panitia PPDB SMKN 2 Jogja, Dwi Mochtar, Kamis siang.

BACA JUGA: PPDB SMP Jalur Zonasi Wilayah Mulai Dibuka, Berikut Strategi agar Lolos

Mochtar menyebut tak ada kendala berarti dalam PPDB di sekolahnya tersebut. “Kendala kami tak ada, kalau kebingungan pendaftar seperti perpindahan jalur pendaftaran sama aktifasi akun, semuanya bisa kita atasi dengan baik,” jelasnya.

Tak hanya pendaftar dari Kota Jogja, jelas Mochtar, SMKN 2 Jogja juga didaftar oleh siswa dari Gunungkidul dan Kulonprogo. “Kalau SMK ini semuanya di DIY menerapkan satu zona di dalam DIY, jadi pendaftaranya ada yang dari Gunungkidul dan Kulonprogo juga,” ujarnya.

Sementara nilai tertinggi PPDB jalur prestasi di SMKN 2 Jogja, lanjut Mochtar, adalah 359,67. “Semua seleksi berbasis online jadi dapat dipantau bersama dan transparan serta akuntabel,” terangnya.

Jalur PPDB di SMKN 2 Jogja yang tak terpenuhi kuotanya hanya jalur zonasi radius. “Kami menerima zonasi radius ini lima siswa, pendaftarnya 25 orang sedangkan kuotanya 5 persen dari total sekitar 40-an. Dalam survei kunjungan rumah pendaftar zona radius ada yang jaraknya 500 meter sampai satu kilometer padahal batasnya 350 meter maka terpaksa tidak diterima sesuai ketentuan lalu kuotanya kami alihkan ke jalur lain,” ucap Mochtar.

Sedangkan kuota jalur zonasi radius di SMAN 8 Jogja terpenuhi semua. “Dari 25 pendaftar kami menerima 14 siswa dari zona radius sesuai kuota yang ada, sedangkan jalur-jalur lain juga sudah terpenuhi semua tinggal menunggu pergeseran seleksi besok malam hasilnya,” kata petugas PPDB SMAN 8 Jogja, Annas Irfan, Kamis siang.

Annas menyebut nilai tertinggi PPDB jalur prestasi di SMAN 8 Jogja adalah 385,07. “Itu nilai per Kamis siang ini, nanti kemungkinan bisa tersalip karena proses seleksi belum rampung,” jelasnya.

Di SMAN 8 Jogja, rinci Annas, terdapat 144 bangku untuk zonasi wilayah, 58 kuota untuk jalur prestasi, 14 bangku untuk jalur perpindahan orang tua, dan 58 kuota untuk jalur prestas.

“Imbauan kami pada pendaftar agar mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran dengan baik karena nanti ada proses daftar ulang agar juga disiapkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Erupsi, Awan Panas Meluncur Sejauh 3 Km

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement