Advertisement

Juri Gita Bahana Nusantara 2023 Bagikan Tips Lolos Audisi

Media Digital
Jum'at, 23 Juni 2023 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Juri Gita Bahana Nusantara 2023 Bagikan Tips Lolos Audisi Pancasona Adji, Juri GBN 2023 (ketiga dari kiri) dalam Sosialisasi Audisi GBN 2023 DIY di Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Jumat (9/6 - 2023). (Dok. Ist)

Advertisement

JOGJAAudisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023 akan digelar pada 8 Juli 2023. Pancasona Adji, Juri GBN 2023 bagikan sejumlah tips agar peserta dapat lolos audisi tersebut. 

Pancasona menilai proses seleksi audisi GBN selama ini berlangsung cukup ketat. Sehingga dia berharap peserta audisi dapat dapat mempersiapkan diri dengan baik. 

Advertisement

“Seleksinya sangat ketat dan mayoritas yang ikut sudah kelihatan kemampuannya, maka yang harus kita siapkan, misalnya prima vista, membaca notasi balok atau angka,” katanya, dalam Sosialisasi Audisi GBN 2023 DIY di Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Jumat (9/6/2023). 

Menurut Pancasona, peserta audisi diharapkan telah mempelajari not balok maupun angka sebelum mengikuti audisi, karena nantinya peserta akan diuji untuk melantunkan partitur notasi angka dan atau notasi balok dari penggalan lagu tertentu.

Untuk prima vista, Pancasona pun berharap peserta dapat mempersiapkan diri secara khusus, karena tidak ada yang tahu partitur apa  yang akan diujikan saat seleksi. 

Dia menyampaikan akan ada satu juri dari panitia seleksi GBN 2023 pusat. Menurut Pancasona, juri tersebut akan membawa partitur notasi balok yang akan digunakan untuk menguji prima vista.

Menurut Pancasona, tidak ada yang tahu notasi balok apa yang akan dibawa juri tersebut, sehingga dia berharap seluruh peserta dapat mempersiapkan diri berlatih membaca notasi balok. 

“Dalam prima vista, disitu ada potongan sebuah lagu, misal lagu Ibu Kita Kartini yang dipotong, cuma sebagian,” katanya. 

Menurutnya apabila tidak mempersiapkan diri, dia khawatir peserta seleksi tidak dapat maksimal menampilkan kemampuannya. “Anak-anak kalau sudah grogi, maka tidak dapat maksimal biasanya,” katanya. 

Dalam audisi tersebut, dia menyampaikan setiap jenis suara yakni bass, tenor, alto dan sopran akan dipilih satu orang perwakilan dari DIY.

Dia pun menyampaikan peserta dengan suara alto dan sopran biasanya mendominasi, sedangkan untuk peserta dengan suara bass dan tenor cukup minim.

Karena itu, Pancasona pun mengimbau agar putra-putri DIY yang memiliki kemampuan menyanyi, terutama untuk bass dan tenor dapat mendaftarkan diri. 

“[Jumlah peserta audisi sedikit] Terutama suara bass, biasanya yang paling banyak sopran dan alto. Kalau ada potensi yang kualitasnya bagus, didorong saja untuk ikut,” ucapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Cermati Nama-nama Calon Pansel KPK Sebelum Diumumkan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement