Advertisement

Warga Gedangsari Gunungkidul Dapat Bantuan Sapi Kurban dari Jokowi

David Kurniawan
Minggu, 25 Juni 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Gedangsari Gunungkidul Dapat Bantuan Sapi Kurban dari Jokowi Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Presiden Jokowi memberikan kurban satu ekor sapi kepada warga di Dusun Candi, Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul. Rencana penyerahan hewan kurban ini dilaksanakan di Kompleks Kepatihan, Pemerintah DIY, Senin (26/6/2023).

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Gunungkidul, Wijang Eka Aswarna mengatakan, tahun ini ada bantuan kurban dari Presiden Jokowi. Adapun hewan kurban sapi akan diberikan kepada masyarakat di Dusun Candi, Tegalrejo, Gedangsari.

Advertisement

“Bantuan dari Pak Jokowi untuk pelaksanaan kurban,” kata Wijang kepada wartawan, Minggu (25/6/2023).

Dia menjelaskan, pemberian hewan kurban tidak hanya diberikan oleh presiden. Pasalnya, juga ada bantuan dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Menurut Wijang, setelah absen selama dua tahun, pemkab kembali menyalurkan hewan kurban. Total biaya pengadaan sapi mencapai Rp90 juta yang diambil dari APB 2023.

Baca juga: Mayoritas Peserta Haji 2023 Perempuan dan Berprofesi Ibu Rumah Tangga

“Bantuan yang diberikan semua jenis sapi,” katanya.

Terpisah, Takmir Masjid Al Mar’uf di Dusun Candi, Tegalrejo, Sugiman membenarkan dusunnya mendapatkan bantuan sapi dari Presiden Jokowi. Rencananya, sapi akan diambil di Kompleks Kepatihan, Kantor Pemerintahan DIY, Senin.

“Kami bersyukur sudah diberikan sapi kurban dari presiden. Untuk pengambilan, kami juga sudah mendapatkan undangan dari Pemerintah DIY,” katanya.

Sugiman menjelaskan, pengambilan hewan kurban dari presiden tidak ada persyaratan khusus karena hanya cukup membawa stempel takmir masjid setempat. “Kebetulan masjid kami baru. Awalnya hanya berharap bantuan hewan kurban kepada Pak Bupati, tapi Alhamdulillah yang datang bantuan sapi dari Pak Presiden,” katanya.

Menurut dia, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada saat perayaan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah. Daging kurban dibagi-bagikan kepada jamaah masjid dan masyarakat di lingkungan sekitar. “Kami sudah melakukan pendataan. Total ada 80 kepala keluarga di Dusun Candi. Nantinya hewan kurban dari presiden disembelih untuk dibagikan ke warga,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Gagal Jadi Presiden, PDIP Beri Tugas Baru ke Ganjar di Pilkada 2024

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement