Advertisement

Iduladha, Presiden Jokowi Menyumbang Sapi Aberdeen Angus Seberat 1.030 kg untuk DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 28 Juni 2023 - 06:07 WIB
Maya Herawati
Iduladha, Presiden Jokowi Menyumbang Sapi Aberdeen Angus Seberat 1.030 kg untuk DIY Sapi, hewan kurban / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pada perayaan Iduladha kali ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan sapi arberdeen angus seberat 1.030 kg untuk DIY. Sapi tersebut diserahkan bersama dengan sumbangan sapi dari Gubernur DIY dan Wakil Gubernur [Wagub] DIY kepada tiap kabupaten/kota se DIY, Selasa (26/6/2023).

Dalam penyerahan hewan kurban tersebut, Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro menyampaikan sambutan Gubernur DIY. Dalam sambutan tersebut dia menyampaikan total ada satu sapi dari Presiden RI Jokowi, kemudian sembilan sapi dari Gubernur dan Wagub DIY yang dibagikan kepada tiap kabupaten/kota di DIY.

Advertisement

Dia menyampaikan sapi dari Presiden RI berjenis angus atau aberdeen angus berbobot 1.030 kg dan berusia 3,5 tahun. Sapi tersebut berasal dari dataran tinggi Skotlandia dan memiliki ciri khas bulu keriting berwarna hitam, tidak memiliki punuk dan tidak memiliki tanduk.

Jenis sapi ini memiliki kelebihan masa pertumbuhan yang cepat, mutu karkas yang tinggi dan umur pemotongan yang tidak lama. Sebelum dibeli Presiden RI, sapi tersebut merupakan milik M. Badar Kurniawan yang berasal dari Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dibeli dengan harga Rp107,5 juta.

BACA JUGA: Kasus Tanah Kas Desa, Kantor Kalurahan Caturtunggal Digeledah, Sultan: Saya yang Minta

Djarot pun berharap sumbangan sapi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Hari raya Iduladha atau sering pula disebut hari raya kurban, disitulah kita dapat menyaksikan orang-orang yang mampu untuk berkurban berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu. Daging kurban yang dibagi-bagikan tentu banyak manfaatnya,” katanya.

Dalam Iduladha kali ini sapi tersebut dibagikan kepada sejumlah masjid di antaranya: sapi Presiden RI untuk Masjid Al Falaq (Singkil, Tepus, Gunungkidul); sapi Gubernur DIY untuk Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Masjid Nurul Haq (Sumberarum, Moyudan, Sleman), Masjid Pangeran Diponegoro (Kota Yogyakarta), Masjid Al Furqon (Banjaran, Girimulyo, Kulon Progo), Masjid Al Ma'ruf (Candi, Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul) dan Masjid Baiturrahman (Krinjing, Selopamioro, Imogiri, Bantul); Sapi Wakil Gubernur DIY untuk Masjid Puro Pakualaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bea Cukai Banyak Masalah, Presiden Jokowi Akan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement