Advertisement

Penyembelihan Hewan Kurban di Jogja, Ini Rincian Jumlahnya dari Sapi hingga Kambing

Triyo Handoko
Rabu, 28 Juni 2023 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Penyembelihan Hewan Kurban di Jogja, Ini Rincian Jumlahnya dari Sapi hingga Kambing Suasana penyembelihan kurban di Jogja pada Rabu (28/6/2023) yang dipantau Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja. - ist - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pantauan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja menyebut sudah banyak masyarakat di wilayahnya yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban. DPP Kota Jogja yang melakukan pengawasan hewan kurban menyebut ada 216 titik lokasi penyembelihan kurban yang dilakukan masyarakat wilayahnya.

Data DPP Kota Jogja per Rabu (28/6/2023) pukul 14.00 WIB menyebut sudah ada 1.190 sapi yang dikurbankan, lalu domban sebanyak 1.510 domba, dan 573 kambing.

Advertisement

“Selain di masyarakat, kurban juga ada yang melakukan penyembelihan di rumah pemotongan hewan (RPH) di Giwangan,” kata Kepala Bidang Pangan DPP Kota Jogja, Imam Nur Wahid, Rabu sore.

BACA JUGA: Cara Menangani Ponsel yang Terkena Air

Di RPH Giwangan, jelas Imam, terdapat 23 ekos sapi dan 6 ekor domba yang disembelih. Sedangkan masyarakat Jogja melakukan penyembelihan yang tersebar di 216 lokasi.

“Penyembelihan yang dilakukan masyarakat, dari data yang kami dapat per pukul 14.00 WIB tadi sudah ada 1.167 ekor sapi, 1.504 ekor domba, dan 573 ekor kambing,” kata Imam.

Imam menyebut banyak masyarakat yang masih melakukan penyembelihan menurut pantauan tim pengawas kurban DPP Kota Jogja. “Tadi itu data sementara, kemungkinan akan terus bertambah, apalagi besok juga ada penyembelihan yang sesuai penetapan pemerintah,” terangnya.

DPP Kota Jogja, lanjut Imam, akan terus melakukan pengawasan lapangan ke berbagai titik lokasi penyembelihan masyarakat. “Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, tidak ada yang tidak laik konsumsi, dan aman,” katanya.

Posko pengawasan kurban DPP Kota Jogja, sambung Imam, berada di kantor dinasnya. “Bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi, atau meminta saran bisa langsung ke kantor atau menelpon kantor, nanti petugas akan menuju lokasi,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diduga Terima Barang dari SYL, KPK Periksa Penyanyi Dangdut Nayunda Nabila

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement