Advertisement

Jogja Kota Festival, Ada Avond Fest di Kotabaru Ajang Menikmati Senja dan Seni

Sirojul Khafid
Rabu, 28 Juni 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Jogja Kota Festival, Ada Avond Fest di Kotabaru Ajang Menikmati Senja dan Seni Gedung di kawasan Kotabaru, Kota Jogja, Kamis (2/3/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata Kota Jogja menggelar Avond Fest yang berlokasi di kawasan Kotabaru, Jogja. Acara yang berlangsung 30 Juni 2023 ini akan menampilkan berbagai kesenian, mulai dari musik sampai tarian. Tidak hanya itu, ada pula bazar dan stan makanan jadul dengan nuansa zaman kolonial. Tidak lupa, ada street performing dari beberapa seniman.

Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Jogja, Zandaru Budi Purwanto, mengatakan acara terbuka untuk umum dan gratis. Acara berlangsung dari 16.00 sampai 22.00 WIB di Jalan I Dewa Nyoman Oka, sepanjang depan Gereja HKBP sampai perempatan Jalan I Dewa Nyoan Oka dan Jalan Ungaran.

Advertisement

“Adapula talkshow yang menampilkan para pelaku saksi sejarah,” kata Zandaru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6/2023).

Para pelaku sejarah ini akan bercerita tentang Kotabaru dari segala sisi, dari keilmuan masing-masing. Ada Inajati Adrisijanti (Guru Besar Ilmu Budaya UGM), RM. Haruno Suryokusumo (Romo Pastur pada Kolese St. Ignatius Koabaru) dan Aprizal Apriandi sebagai keturunan dari pemilik bangunan cagar budaya di Kotabaru, Jogja.

BACA JUGA: Salat Iduladha 29 Juni 2023, Ini Daftar Tempat Penyelenggaraan versi Kemenag DIY

Sebagai permukiman Belanda pada jaman penjajahan, Kotabaru mengusung konsep Garden City pada tata ruang kotanya. Konsep ini masih bertahan sampai hari ini. Keberadaan pepohonan pada kawasan Kotabaru (bagian boulevard) menjadikan ciri khas serta fasad bangunan bercorak indische.

Lokasi yang berdekatan dengan Malioboro juga menjadikan Kotabaru salah satu tempat yang menarik. Dengan event ini, harapannya wisatawan tidak hanya mengetahui Malioboro saja, namun ada lokasi lain yang perlu dikunjungi.

“Kotabaru Avond Fest merupakan event untuk membangun memorabilia dari apa yang tersisa pada Kawasan Heritage Kotabaru dengan mengedepankan konsep premium dan malam hari,” katanya.

Rekayasa Lalu Lintas

Berkaitan dengan Avond Fest, serta bertepatan dengan libur panjang Iduladha, ada beberapa penyesuaian arus lalu lintas. Selama acara, akan ada penutupan ruas jalan di Jalan I Dewa Nyoman Oka. Di samping itu, lalu lintas jalan lainnya seperti Jalan Ahmad Jazuli, Jalan Abu Bakar Ali, dan Jalan Faridan M. Noto akan tetap normal.

Adapun rekomendasi area parkir pengunjung berada di sepanjang Jalan Sunaryo – Jalan Patimura. Apabila membludak, parkir akan diarahkan ke Jalan Perahu – Jalan Ungaran. Verboden akan dipasang di samping Museum Sandi dan samping Gereja Antonius Kotabaru, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement