Advertisement

Endemi, Pemkot Jogja Tetap Lanjutkan Vaksinasi Booster Covid-19

Yosef Leon
Kamis, 29 Juni 2023 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Endemi, Pemkot Jogja Tetap Lanjutkan Vaksinasi Booster Covid-19 Ilustrasi Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 khususnya booster kedua di wilayahnya meskipun status pandemi Covid-19 sudah dicabut pemerintah. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi booster pertama di wilayah setempat sudah di angka 125%. Namun untuk booster kedua baru mencapai 31% saja. 

Advertisement

Menurutnya sejak status pandemi Covid-19 dicabut dan beralih menjadi endemi, minat masyarakat untuk melengkapi vaksin booster kedua semakin menurun. Apalagi vaksin sebagai syarat perjalanan domestik juga sudah dihapus. 

"Mungkin ini yang membuat masyarakat merasa aman-aman saja, tetapi kami tetap anjurkan untuk melengkapi dosis vaksinasi, layanan vaksin di Puskesmas juga selalu tersedia," ujarnya, Kamis (29/6/2023). 

Emma menyatakan bahwa melengkapi vaksin hingga dosis keempat penting dilakukan untuk melindungi dan membentuk ketahanan tubuh terhadap virus Covid-19. Penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pun harus dijaga. 

BACA JUGA: Acara Musik Jogja Koplo Fest Terancam Batal, Semua Artisnya Kompak Mundur, Termasuk Ndarboy Genk

"Walaupun sekarang sudah endemi tetap harus PHBS meski tidak diharuskan menggunakan masker, kalau merasa tidak sehat atau sedang flu ya harusnya pakai masker untuk ikut melindungi orang lain dan mencegah penularannya," jelasnya. 

Baru-baru ini Pemkot Jogja melaksanakan vaksinasi booster massal untuk 1.000 orang dengan jenis vaksin buatan dalam negeri Inavac yang terbuka untuk masyarakat umum KTP nasional dan ASN Pemkot Jogja. 

"Kami melibatkan 30 tenaga kesehatan dari Ikatan Bidan Indonesia [IBI] Kota Jogja untuk mendukung vaksinasi massal tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement