Advertisement

Hotel di Sleman Ramai saat Libur Iduladha, PHRI: Kebanyakan Booking Last Minute

Lugas Subarkah
Jum'at, 30 Juni 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Hotel di Sleman Ramai saat Libur Iduladha, PHRI: Kebanyakan Booking Last Minute Ilustrasi Hotel / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Libur panjang Iduladha 1444 Hijriah akhir pekan ini, tingkat okupansi hotel di wilayah Sleman meningkat. Secara merata, tingkat keterisian hotel di Sleman rata-rata mencapai 70%-75%.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman, Joko Paromo, menjelaskan mulai Rabu-Jumat (28-30/6/2023), okupansi hotel meningkat. “Okupansinya bagus, rata-rata hotel di daerah Sleman, okupansinya mencapai 70 sampai 75 persen,” ujarnya, Jumat (30/6/2023).

Advertisement

Peningkatan okupansi ini menurutnya cukup signifikan. Tingginya okupansi ini juga tidak terduga, karena kebanyakan reservasi kamar hotel dilakukan last minute atau mendekati hari H. “Sehari sebelum, ada hari H baru mencari hotel,” kata dia.

BACA JUGA: 4 Hotel Kapsul Murah dan Mewah di Seputaran Malioboro

Angka ini di luar prediksi PHRI karena pada momentum libur panjang ini hanya diperkirakan okupansi rata-rata hanya 30%. “Prediksi kami menurun, jadi ini dibalik, malah lebih bagus. 28, 29, 30 [Juni], sampai Minggu [2/7/2023) itu baru check out,” ujar dia.

Adapun lama tinggal para tamu hotel tersebut menurutnya rata-rata 2-3 malam untuk menghabiskan libur panjang termasuk liburan sekolah. Kondisi ini terjadi merata hampir di setiap hotel di Sleman. “Merata untuk hotel hampir sama,” katanya.

Pengelola objek wisata Tebing Breksi, Widyanto Kholiq, menuturkan pada libur panjang kali ini tingkat kunjungan justru menurun dibanding akhir pekan biasanya. Hal ini dikarenakan tidak adanya wisatawan rombongan yang menggunakan bus.

Wisatawan yang datang menurutnya didominasi oleh kelompok kecil menggunakan mobil pribadi. “Sampai hari ini yg meningkat kunjungan mobil pribadi atau keluarga. Secara umum menurun karena kunjungan rombongan dnegan bus berkurang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement