Advertisement

Pantai Gunungkidul Diserbu Wisatawan saat, Pendapatan Retribusi Tembus Rp500 Juta

Triyo Handoko
Minggu, 02 Juli 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Pantai Gunungkidul Diserbu Wisatawan saat, Pendapatan Retribusi Tembus Rp500 Juta Pantai Sepanjang Gunungkidul - ist - jogjaprov.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul mencatat kenaikan signifikan kunjungan wisatawan di Bumi Handayani selama libur panjang Iduladha ini. Tercatat pada Sabtu (1/7/2023) terdapat 28.349 wisatawan lalu pada Jumat sebanyak 16.307 orang, sedangkan pada Kamis terdapat 10.773 wisatawan di Gunungkidul.

Objek wisata pantai di Gunungkidul jadi primadona utama bagi kunjungan wisatawan selama libur panjang ini. Tercatat retribusi pariwisata yang diperoleh Pemkab Gunungkidul pada Sabtu kemarin sebanyak Rp Rp230,48 juta, lalu pada Jumat diperoleh sebanyak Rp125,19 juta, kemudian pada Kamis sebanyak Rp76,92 juta, terakhir pada Rabu mendapat Rp36,92 juta.

Advertisement

Dispar Gunungkidul memprediksi retribusi dari kunjungan wisata selama libur panjang ini tembus diatas Rp500 juta. “Tentu ini angin segar bagi kami, artinya potensi wisata kami masih terus dilirik oleh para wisatawan,” kata Kepala pelaksana Dispar Gunungkidul, Harry Sukmono, Minggu (2/7/2023).

BACA JUGA: Bus Pariwisata Terguling di Tanjakan Gemulung Tepus Gunungkidul

Koordinasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) juga dilakukan Dinpar Gunungkidul, jelas Harry, untuk memastikan kunjungan wisatawan dapat terkendali dengan baik. “Kami terus memantau langsung, koordinasi dengan berbagai OPD juga dilakukan terutama soal keamanan. Kami koordinasi dengan Dishub untuk memastikan lalu lintas wisatawan kondusif, termasuk dengan SAR Satlinmas di pantai-pantai agar terus dijaga, sampai sekarang tidak ada masalah berarti yang muncul,” ujarnya.

Harry menjelaskan kunci utama meningkatkan kunjungan wisatawan adalah memberikan layanan yang memadai untuk itu pihaknya akan terus mendorong peningkatan kemampuan pelaku pariwisata di Gunungkidul agar dapat memberikan layanan maksimal. “Pelatihan hospitality terus kami lakukan, terutama sasarannya sekarang adalah pokdarwis,” katanya, Minggu siang.

Selain layanan, Harry memastikan fasilitas-fasilitas objek wisata juga sudah mumpuni. “Fasilitas yang ada sudah semakin baik, peningkatan terus dilakukan. Kami juga koordinasi dengan pihak pengelola untuk mendata apa yang masih kurang agar bisa diperbaiki terus,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement