Advertisement

Ajak Masyarakat Mengenal Budaya & Sejarah melalui Foto

Media Digital
Rabu, 05 Juli 2023 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ajak Masyarakat Mengenal Budaya & Sejarah melalui Foto Suasana pembukaan pameran foto bertajuk Kotabaru Kuno dan Kini di Bentara Budaya 5-10 Juli yang digelar di Bentara Budaya Jogja, Rabu (5/7/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

JOGJA—Puluhan foto pilihan bernuansa Kotabaru ditampilkan dalam pameran foto bertajuk Kotabaru Kuno dan Kini di Bentara Budaya Yogyakarta, Rabu-Senin (5-10/7/2023). Pameran ini merupakan rangkaian dari agenda Kotabaru Heritage Festival guna mengenalkan kawasan itu ke khalayak luas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan pameran foto yang digelar merupakan rangkaian pembuka Kotabaru Heritage Festival, sekaligus upaya dalam memperkuat identitas wilayah tersebut sebagai area yang mengandung banyak nilai dan
sejarah kemerdekaan.

Advertisement

"Pameran ini sekaligus menjadi cerita terkait dengan apa yang sudah, sedang dan akan terjadi. Oleh karena itu, foto yang ditampilkan jangan berhenti sebagai foto saja melainkan pesan untuk melakukan sesuatu," katanya, Rabu.

Menurut Aman, tanggung jawab dalam upaya pemeliharaan dan pelestarian kawasan Kotabaru bisa diemban siapa saja, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Salah satu pesan penting yang ingin disampaikan dalam pameran foto itu, kata Aman, adalah soal pelestarian Kotabaru.

Baca juga: Kronologi 3 Warga Semanu Meninggal Dunia karena Antraks, Berawal dari 4 Sapi Mati Mendadak

"Harapannya agenda ini tidak hanya selesai di sini saja, tetapi terus menggalakkan branding Kotabaru sebagai kawasan heritage," kata Aman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti menyebut total ada sebanyak 270 karya foto yang diterima panitia untuk ikut serta dalam pameran. Setelah diseleksi, diperoleh 15 foto nominasi dan 50 foto kurasi untuk ikut serta dalam pameran tersebut.

"Lewat pameran ini kami bisa menjelaskan bahwa seni foto tidak hanya dilihat dari segi visual jepretan saja, tetapi juga ada makna bahwa foto bisa bercerita tentang objek," katanya.

Dinas kenudayaan Kota Jogja, menurut Yetti, berharap melalui pameran foto itu masyarakat bisa tergerak untuk melakukan berbagai upaya dalam melestarikan kawasan Kotabaru. "Terutama soal nilai yang terkandung di kawasan ini berupa budaya, sejarah dan keasriannya," kata Yetti. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement