Advertisement

FL2S DIY Menjadi Ajang Mengasah Kreativitas Siswa

Media Digital
Sabtu, 08 Juli 2023 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
FL2S DIY Menjadi Ajang Mengasah Kreativitas Siswa Sejumlah siswa SMA/MA di wilayah DIY mengikuti seleksi FL2S kategori seni kriya di halaman kantor Dikpora DIY, Sabtu (8/7 - 2023) (email)

Advertisement

JOGJA—Sejumlah murid dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di DIY mengikuti ajang seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa (FL2S) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Sabtu (8/7/2023).

Mereka sebelumnya sudah melewati seleksi di tingkat satuan pendidikan dan juga kabupaten kota. Dua peserta terbaik dari masing-masing kabupaten kota berhak untuk ikut tahapan seleksi di jenjang provinsi untuk dikirim mewakili DIY ke tingkat seleksi nasional.

Advertisement

Kepala Seksi SMA Dikpora DIY Supartini menjelaskan, FL2S merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar untuk memberikan ruang pengembangan bagi bakat murid di sektor seni. Selain itu juga bertujuan untuk menggali kearifan lokal melalui ajang yang dilombakan.

"Tahun ini ada 11 cabang lomba yang dibagi ke dalam dua bidang yakni pertunjukan dan penciptaan. Pertunjukan ada tari kreasi, solo vokal, solo gitar, baca puisi dan monolog. Penciptaan ada seni kriya, cipta puisi, cipta lagu, desain poster, film pendek dan komik digital," jelasnya.

Seleksi tingkat satuan pendidikan sudah dimulai sejak April lalu. Sekolah yang ikut serta mengirimkan video untuk masing-masing jenis lomba ke laman Pusat Prestasi Nasional. Dua peserta terbaik berhak ikut ke tahapan seleksi di tingkat provinsi.

"Di tingkat provinsi mereka juga diwajibkan mengirim video dan setelah kami seleksi, murid yang terpilih berhak ikut seleksi luring," katanya.

Sedikitnya 12 peserta terbaik dari masing-masing lomba yang diikuti di tahap seleksi provinsi nantinya akan kembali mengirimkan video secara daring setelah dipastikan lolos ke tahap selanjutnya. Jika karya atau penampilan mereka masuk 10 besar nasional, maka berhak ikut seleksi luring.

"Sebanyak 12 peserta itu masing-masing satu dari setiap jenis lomba dan ditambah satu wakil dari solo vokal puteri. Kami harapkan ajang ini bisa memompa kreativitas siswa dan jadi kesempatan mereka untuk mengasah kemampuan selain di bidang akademik," pungkas Supartini. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement