Advertisement

KHF 2023, Cara Pemkot Jogja Perkuat Branding Kotabaru sebagai Wisata Heritage

Media Digital
Minggu, 09 Juli 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
KHF 2023, Cara Pemkot Jogja Perkuat Branding Kotabaru sebagai Wisata Heritage Awarding sejumlah perlombaan dalam Kotabaru Heritage Festival, di Stadion Kridosono, Minggu (9/7/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Keunikan Kotabaru sebagai kawasan heritage dan representasi miniatur kota kolonial senantiasa menjadi daya tarik wisatawan maupun masyarakat luas. Sebagai salah satu upaya untuk memperkuat branding ini, Dinas Kebudayaan Kota Jogja menggelar Kotabaru Heritage Festival (KHF) 2023.

KHF 2023 berlangsung selama empat hari, mulai 6-9 Juli 2023 di Stadion Kridosono, Kotabaru.

Advertisement

PJ Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo mengatakan KHF adalah sebuah perhelatan ekstravaganza yang strategis yang mampu mengombinasikan dan mengoptimalkan konsep heritage, garden city, premium dan nuansa malam hari. 

Sejumlah kegiatan yang berlangsung dalam KHF 2023 diantaranya Pentas Jogja Historical Orchestra, pemutaran film, public lecture film, drive in cinema, pameran foto, fashion show, heritage walking tours, Ritjstaffel dan pesta kuliner tempo dulu.

"Kotabaru Heritage Festival diharapkan dapat menjadi gerbang utama bagi setiap tahapan branding Kotabaru, agar lebih dikenal oleh masyarakat dari seluruh Indonesia, dan juga mancanegara," ujarnya dalam penutupan KHF 2023, Minggu (9/7/2023).

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Kuliner Legendaris Khas Malioboro di Teras Malioboro 1

Melalui gelaran ini, potensi Kotabaru hendaknya dapat direspon oleh para pelaku wisata untuk dapat bekerja sama dengan rumah-rumah bangunan warisan budaya maupun cagar budaya di Kotabaru untuk menjadi bagian dari paket wisata. "Sebagai wujud kolaborasi, kerjasama dan sinergi yang berkelanjutan bagi pembangunan Kota Jogja," paparnya.

Selain melalui event besar semacam ini, diharapkan Kotabaru juga dapat terus dapat diramaikan dengan event yang berskala lebih kecil namun lebih sering. "Ada spot-spot kecil dengan daily activity perlu dihidupkan, sehingga Kotabaru sebagai heritage bisa berjalan sepanjang tahun," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti, menuturkan kegiatan ini sebagai wujud dan komitmen bersama untuk merawat warisan budaya khususnya yang ada di Kawasan Cagar Budaya Kotabaru. Melalui kegiatan Kotabaru Heritage Festival, diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan warisan budaya kepada masyarakat luas. 

Kotabaru Heritage Festival dikemas sedemikian rupa melalui cara kekinian dengan memanfaatkan perpaduan teknologi dan budaya dalam bentuk Lomba dan Pameran Foto, Pemutaran Film & Diskusi, Seni Pertunjukan, Fashion Show, Public Lecture, Rijsttafel, Heritage Tour, Food Festival & Drive in Cinema serta Awarding Lomba Fotografi Kuno dan Kini, Awarding Kotabaru Heritage Film Festival dan Awarding Lomba Rangkaian Bunga Jalan Juang Kotabaru.

"Besar harapan kami jika Kotabaru Heritage Festival dapat menjadi pemantik kita semua untuk lebih sadar, mengapresiasi, merawat warisan budaya khususnya di Kotabaru, serta menghasilkan outcome yang melekat di benak masyarakat secara luas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement