Advertisement

Anggota Pramuka di DIY Dilatih Berbisnis Lewat Saka Wirausaha

Sunartono
Senin, 10 Juli 2023 - 11:37 WIB
Sunartono
Anggota Pramuka di DIY Dilatih Berbisnis Lewat Saka Wirausaha Anggota Pramuka di DIY diberikan sosialisasi terkait inkubasi bisnis dalam rangkaian Rintisan Saka Wirausaha. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 100 anggota pramuka dari jenjang penegak dan pandega di DIY dilatih untuk berbisnis lewat Saka Wirausaha yang digulirkan Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Para anggota pramuka ini diberikan sosialisasi terkait inkubasi bisnis pertama kalinya pada Senin (10/7/2023).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan kegiatan sosialisasi inkubasi bisnis dengan menyasar kalangan pramuka. Sosialisasi ini sebagai awal rangkaian dari rintisan saka wirausaha yang merupakan kerja sama dengan Paniradya Kaistimewaan dan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi DIY. Melalui program itu harapannya dapat meningkatkan rasio kewirausahaan nasional khususnya di wilayah DIY.

Advertisement

BACA JUGA : Anggota Pramuka Kwarcab Sleman Berangkat ke Korea

“Sosialisasi inkubasi ini merupakan awal, sehingga nanti secara perlahan mereka akan didorong mampu berwirausaha, harapannya bisa mengikuti sampai akhir berbagai tahapan. Kami akan fasilitasi dan berikan pendampingan bagi memenuhi syarat untuk dari sisi kemampuan berwirausaha,” katanya.

Adapun para anggota pramuka itu Sebagian besar berasal dari kalangan pelajar SMA/SMK di DIY. Menurutnya kelompok anak dari kalangan pramuka ini memiliki potensi besar untuk dididik sebagai calon wirausaha. “Salah satu modal utama mereka adalah kemampuan terkait digital, mereka semua sudah memiliki ponsel dan akrab dengan teknologi, ini menjadi modal untuk wirausaha,” ujarnya.

Paniradya Pati Kaistimewaan DIY Aris Eko Nugroho menambahkan rintisan Saka Wirausaha merupakan program baru yang digulirkan Pemda DIY dengan menyasar kalangan pramuka di 2023. Ia meyakini dengan modal yang telah dimiliki, para pramuka berpotensi untuk didampingi dan dicetak menjadi wirausaha.

BACA JUGA : Kegiatan Pramuka di Jogja Segera Tatap Muka

“Adik-adik ini dilatih untuk bagaimana belajar berkehidupan dengan membuka usaha, sehingga tidak hanya ilmu kurikulum di sekolah saja yang didapatkan. Tetapi didampingi agar memiliki semangat dan berani berwirausaha,” katanya.

Pemateri sosialisasi yang juga pengusaha muda Biohadikesuma menyatakan melalui proses dan tahapan tertentu program ini akan dapat meningkatkan rasio bisnis di DIY. Apalagi menyasar kalangan pelajar yang mereka masih berusia muda.

“Potensinya sangat besar mereka untuk didampingi, selain itu peluang bisnis di kalangan anak mud aini sangat banyak, apalagi di Jogja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement