Advertisement

Operasi Patuh Progo Digelar Mulai Hari Ini di Gunungkidul, Polres Libatkan Ratusan Personel

David Kurniawan
Senin, 10 Juli 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Operasi Patuh Progo Digelar Mulai Hari Ini di Gunungkidul, Polres Libatkan Ratusan Personel Ilustrasi razia kendaraan. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Lebih dari 140 personel diterjunkan untuk pelaksanaan Operasi Patuh Progo di Gunungkidul. Rencananya operasi itu digelar selama 14 hari mulai 10-23 Juli 2023.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan pelaksanaan Operasi Patuh Progo diawali dengan apel siaga yang berlangsung di halaman Mapolres Gunungkidul, Senin (10/7/2023).

Advertisement

Operasi itu, kata dia, melibatkan sekitar 140 personel yang berasal dari internal polres. “Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Edy, Senin siang.

Dia menjelaskan, pelaksanaan operasi bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Diharapkan pengendara motor bisa mematui peraturan serta tertib dalam berlalulintas. “Tentunya kami berharap kepada masyarakat memiliki kesadaran untuk tertib berlalulintas sehingga angka kecelakaan di Gunungkidul bisa terus ditekan,” katanya.

BACA JUGA: Polres Bantul Gelar Operasi Patuh Progo Selama Dua Pekan ke Depan, Ini Sasarannya

Edy menambahkan, selama operasi berlangsung ada tujuh sasaran pelanggaran prioritas. Pelanggaran ini meliputi pemakaian knalpot blombongan, berboncengan lebih dari satu orang khusus bagi pengendara sepeda motor, menggunakan strobo atau sirine.

Selain itu, pemakaian motor dimodifikasi, engemudi di bawah umur atau anak-anak yang belum saatnya untuk berkendara, tidak menggunakan helm SNI hingga melawan arus karena dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. “Kami berharap pelaksanaan operasi berjalan dengan lancar,” katanya.

KBO Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Ristanto menambahkan, Operasi Patuh Progo berlangsung selama 14 hari. Adapun pelaksanaannya mulai Senin hingga 23 Juli mendatang. “Tujuan operasi untuk meningkatkan kesadaran dalam tertib berlalulintas sehingga angka kecelakaan dapat ditekan,” katanya.

Menurut dia, total ada 140 personel yang diterjunkan selama operasi berlangsung. “Sudah disiagakan dan akan mengawal pelaksaanaan dalam operasi ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement