Advertisement

Pemilu 2024, Jumlah Pemilih Difabel DIY Mencapai 30.503

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 16 Juli 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Pemilu 2024, Jumlah Pemilih Difabel DIY Mencapai 30.503 Ilustrasi Pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Berdasarkan data KPU DIY jumlah pemilih difabel di DIY pada Pemilu 2024 ada 30.503 orang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY berupaya fasilitasi pemilih difabel dalam pemilihan umum (pemilu) 2024.

Jumlah tersebut terbagi atas pemilih disabilitas fisik ada 12.996 orang, disabilitas intelektual 1.553 orang, disabilitas mental ada 9.304 orang. Kemudian disabilitas sensorik wicara ada 2.603 orang, disabilitas sensorik rungu ada 1.178 orang, dan disabilitas sensorik netra ada 2.869 orang. 

Advertisement

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menyampaikan pihaknya terus berupaya untuk dapat memfasilitasi hak pilih dari pemilih disabilitas. Dia menyampaikan pendataan pemilih disabilitas yang telah dikelompokkan sesuai kategorinya telah dilakukan. 

“Kalau terkait dengan teman-teman difabel dari sisi pendataan pemilih kita sudah melakukan pendataan pemilih dengan kategorisasi, Itu yang sudah kami petakan, itu tidak sekadar peta pemilih saja, tetapi sesungguhnya bisa digunakan sebagai basis untuk kebijakan bagi difabel,” katanya, Minggu (16/7/2023). 

BACA JUGA: Lima Remaja Ditangkap, Diduga Menganiaya Pemotor yang Merokok

Menurut Hamdan, setiap difabel kebutuhannya berbeda-beda. Karenanya, menurut Hamdan pada hari H penyelenggaraan pemilu, setiap kebutuhan difabel perlu dipenuhi. “Difabel kebutuhannya berbeda beda, yang netra tidak bisa disamakan dengan yang tuli, yang rungu, dan lainnya,” katanya. 

Karena itu, menurut Hamdan, KPU DIY telah mempersiapkan pelayanan untuk memfasilitasi hak pilih pemilih difabel. 

“Pada hari H pemungutan suara penting memberikan pelayanan di TPS, ada surat suara braille, ada juga bantuan bagi pemilih juga akan ada dalam pedoman KPU yang harus dilakukan petugas KPPS, nanti sudah diatur dalam pedoman KPU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sah! Putin Dilantik Jadi Presiden Rusia 5 Periode Berturut-turut

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement